Wayang Babad Kartasura Akan Segera Di Launching.




Wayang Babad Kartasura Akan Segera Di Launching.


ANEKAFAKTA.COM,Kartasura - 


Benteng keraton Kartasura, yang hingga kini kokoh berdiri, menjadi saksi bisu beberapa peristiwa sejarah besar, antara lain berkobarnya perlawanan Untung Suropati dan Geger Pacinan.

 Peristiwa-peristiwa tersebut akan dihidupkan kembali dalam bayang wayang, yang terbentang di layar panjang pagelaran perdana Wayang Babad Kartasura. 

Wayang Babad Kartasura merupakan Wayang kulit baru yang dibuat khusus. Karakter-karakter tokoh dan cerita dibuat semirip mungkin berdasarkan catatan-catatan Sejarah atas inisiasi KRT. Djuyamto Rekso Pradoto, S.H., M.H. 

Dalam pembuatan wayang Babad Kartasura turut melibatkan sejarawan, ahli budaya dan seniman sehingga wayang Babad Kartasura memiliki nilai lebih sebagai media pengajaran Sejarah dan seni pertunjukan yang serat makna.

Menurut ketua panitia launching wayang babad Kartasura Egi Raf launching akan mendatang beberapa tokoh narasumber seperti

1.Dr Rudy Wiratama S.IP. MA.
Beliau menjabat sebagai peneliti pusat studi kebudayaan dan Dosen Prodi Sastra Jawa Fakultas ilmu Budaya Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

2.Sri Narendra Kalaseba.
Beliau merupakan tokoh budaya yang tinggal di Weru, Sukoharjo.beliau salah satu aktor penting dalam lingkaran pergerakan militan Santri Gerbang Nusantara.yaitu pergerakan yang bersifat keagamaan,seni,budaya dan nasionalisme.beliau juga merupakan pencipta tembang kidung Wahyu Kolosebo.

3.Satrio Dwicahyo,M,SC,M.A.
Beliau merupakan Dosen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta.

4.Ki Wahyu Dunung Raharjo,S,Sn.
Beliau merupakan seniman dalang yang tinggal di Kartasura.beberapa kreasi  wayang yang telah di buat beliau adalah wayang beber multi media,wayang Revolusi,wayang kancil dan terakhir bersama KRT Djuyamto Rekso Pradoto S,H.M,H.

Dan akan di pandu oleh Moderator Halilintar Cakra Padnobo,S,Sn.M,Sn. Merupakan seorang Dosen Prodi Seni Pedalangan,Fakultas Seni Pertunjukan ,ISI Surakarta,Jawa Tengah

Acara launching Wayang Babad Kartasura akan dilaksanakan
Hari/tanggal: Sabtu, 26 Oktober 2024
Waktu: 09:00 - selesai
Tempat: UIN Raden Mas Said Surakarta

Yang akan di buka langsung oleh Pemrakarsa Wayang Babad Kartasura KRT.Djuyamto Rekso Pradoto S.H.,M.H yang akan  ikuti peserta dengan undangan terbatas dan peserta diskusi diwajibkan membawa undangan.

Pementasan Wayang Babad Kartasura ini akan di gelar pada tanggal 2 November 2024 semalam suntuk jam 19.00 WIB. bertempat di Petilasan Kraton Kartasura.
Oleh Dalang Ki Wahyu Dunung Raharjo,S.Sn.
Ki Tulus Raharjo,S.Sn
Ki Amar Pradopo.

Nug/red.
Sumber panitia Wayang Babad Kartasura.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama