Polsek Loa Kulu Hadiri Sosialisasi Netralitas ASN dan TNI-Polri




Polsek Loa Kulu Hadiri Sosialisasi Netralitas ASN dan TNI-Polri

Anekafakta.com,KUKAR

Dalam rangka menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara tahun 2024, Polsek Loa Kulu menggelar kegiatan sosialisasi terkait pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, POLRI, dan Aparatur Desa. Kegiatan ini berlangsung pada Senin (7/10/2024), di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Loh Sumber.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk Sekretaris Kecamatan Loa Kulu, Idramsyah, Plh. Kapolsek Loa Kulu IPTU Larto; dari Bawaslu Kukar, Sri Mulyanti, serta perwakilan Panwaslu dan PPK Kecamatan Loa Kulu. 

Sosialisasi bertujuan untuk mengingatkan pentingnya menjaga netralitas dalam pelaksanaan pemilihan umum guna memastikan proses demokrasi yang jujur, adil, dan bebas dari intervensi.

Dalam sambutannya, Idramsyah menekankan bahwa netralitas ASN, TNI, POLRI, dan Aparatur Desa adalah kewajiban moral dan tanggung jawab profesional. "Kita semua memiliki peran penting untuk menjaga demokrasi yang sehat. Netralitas kita adalah kunci agar pemilihan ini benar-benar mencerminkan kehendak rakyat tanpa tekanan dari pihak mana pun," ujarnya.

Sementara itu, Sri Mulyanti dari Bawaslu Kukar mengingatkan bahwa pelanggaran terhadap prinsip netralitas dapat berujung pada sanksi berat. Ia menyebut bahwa netralitas tidak hanya diatur oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, tetapi juga dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. "Netralitas adalah bagian dari komitmen kita untuk menjaga integritas dan kepercayaan masyarakat dalam proses pemilihan umum," tegasnya.

Kegiatan sosialisasi ini berjalan lancar dan tertib dengan situasi yang aman hingga saat Iptu Larto, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menjaga keamanan dan ketertiban dalam tahapan pemilihan. "Kami berharap sosialisasi ini dapat memperkuat komitmen bersama untuk menjaga netralitas selama proses pemilihan berlangsung," pungkasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama