Polres Kukar Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024



Polres Kukar Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024

Anekafakta.com,KUKAR

Polres Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Mapolres Kukar, pada Selasa (1/10/2024). Upacara ini dimulai pada pukul 07.45 WITA dan dipimpin oleh Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman, dengan mengusung tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas."

Turut hadir dalam upacara ini Wakapolres Kukar, Kompol M Aldy Harjasatya, serta beberapa pejabat utama Polres Kukar seperti Kabag Ops Kompol Subari, Kabag SDM Kompol Suparno, dan Kabag Log AKP Ahmad Said. Selain itu, pasukan upacara terdiri dari 1 pleton PJU, 1 pleton perwira, gabungan staf, Polwan, Sat Samapta, Sat Pol Air, serta Sat Intelkam, Sat Reskrim, dan ASN.

Susunan acara dimulai dengan laporan dari Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, diikuti dengan penghormatan pasukan dan mengheningkan cipta. Teks Pancasila dibacakan oleh Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pembukaan UUD 1945 serta Ikrar Hari Kesaktian Pancasila. Dalam ikrar tersebut, ditekankan pentingnya mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara demi keutuhan NKRI.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa, laporan kembali kepada Inspektur Upacara, dan penghormatan pasukan. Kegiatan ini selesai pada pukul 08.00 WITA dengan situasi aman dan kondusif.

Upacara ini menjadi momentum bagi seluruh personel Polres Kukar untuk memperkuat komitmen menjaga keutuhan bangsa dan menegakkan nilai-nilai Pancasila.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama