Lampu Solar Cell Satgas Marinir Habema Terangi Sokamu



Lampu Solar Cell Satgas Marinir Habema Terangi Sokamu


Anekafakta.com,Dekai Yahukimo, MediaHabema – 

Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 6 Marinir, bagian dari Komando Operasi HABEMA di Papua, secara aktif melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan Mobil RI-PNG, khususnya di wilayah Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan. 

Pada hari Jumat (4/10/2024), Satgas Yonif 6 Marinir, khususnya Pos Halabok pimpinan Kapten Mar Septian, menggelar kegiatan Teritorial bertajuk "Papua Terang". Program ini diwujudkan dalam bentuk pemasangan lampu solar cell sebagai penerangan di area tempat tinggal warga maupun jalan umum di Kampung Sokamu, Distrik Dekai.

Dalam penekanannya kepada para Prajurit TNI, Komandan Satgas Yonif 6 Marinir, Letkol Mar Rismanto Manurung, menyampaikan pentingnya perhatian Satgas kepada kebutuhan dasar masyarakat di sekitar Pos. Oleh sebab itu, sejak penugasannya di Papua, Pos Halabok telah mengamati perkembangan wilayahnya sejak tugas dimulai. Faktor penerangan area umum, khususnya jalan dan halaman tempat tinggal warga, merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat Sokamu guna memperlancar aktivitas di malam hari. Berangkat dari perhatian tersebut, maka hari Jumat pagi, Kapten Mar Septian memimpin para Prajurit TNI melaksanakan pemasangan lampu solar cell sebagai penerangan publik. Beberapa hari sebelumnya, Kapten Mar Septian telah berdiskusi dengan Pimpinan Kampung dan Tokoh Masyarakat Sokamu terkait lokasi dan kebutuhan pemasangan penerangan.

Ketika pemasangan penerangan, dengan tetap mengutamakan aspek pengamanan, para Prajurit TNI mendapatkan bantuan dan dukungan dari para warga. Melalui partisipasi warga tersebut, proses pemasangan penerangan dapat berjalan dengan lancar dan lebih cepat dari prediksi perencanaan. Akhirnya, hari Jumat sore, proses pemasangan dan ujicoba penerangan publik dilakukan serta menghasilkan fasilitas penerangan yang memadai bagi para warga Sokamu. Menyambut penerangan publik yang telah dinanti sekian lamanya, salah Tokoh Masyarakat, Bapak Waipan Murib, mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Satgas Marinir Habema.

"Puji Tuhan, Terima kasih Komandan Marinir. Kami sangat senang Honai dan Jalan sudah terang. Tuhan memberkati TNI," ucapnya gembira.

Terpisah, Panglima HABEMA, Brigjen TNI Lucky Avianto, pasca menerima laporan pelaksanaan kegiatan, mengapresiasi inisiatif Satgas Yonif 6 Marinir dalam melaksanakan  kegiatan "Papua Terang" di Kampung Sokamu.

"Hal tersebut merupakan upaya TNI memberikan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat, dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di wilayah Papua," ungkapnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama