Kita adalah Pemimpin




Kita adalah Pemimpin

Oleh Mas Aria Soleh, Pengasuh Madrasah Dzikrullah dan Shalawat

Kita adalah pemimpin hebat yang sudah ditakdirkan oleh Tuhan Yang Maha Pengasih. 

Untuk menjadi menjadi Pemimpin, kita  berproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bukan gratisan yang ujug-ujug diangkat begitu saja. 

Secara spiritual, kita sudah ditetapkan sebagai Khalifah fil Ardhi. Wakil Tuhan di bumi. Menjadi wakil Tuhan berarti kita harus melakukan tugas-tugas Tuhan di bumi yang sudah didelegasikan sejak Abah Moyang kita Nabi Adam Alaihissalam.

Menjadi Pemimpin itu bukanlah kebanggaan. Namun memikul beban berat yang harus dijalankan sebagai pemimpin.

Coba saja bayangkan sejenak tentang diri kita, mengapa kita diangkat menjadi Pemimpin di bumi oleh Tuhan. Bukankah banyak makhluk Tuhan lainnya yang memiliki kekuatan yang dahsyat. Namun karena ini sudah menjadi garis takdir kita sebagai keturunan Adam Alaihissalam maka kita harus menerima dan mensyukuri fakta kebenaran ini.

Itu artinya kita harus menyadari siapa diri kita, kita harus mengenal siapa jati diri kita, kita harus tahu kapasitas diri kita dan kita akhirnya juga harus tahu kualitas diri kita.

Dengan begitu, kita bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab amanah Tuhan yang sudah diberikan kepada kita.

Tugas pertama kita sebagai Pemimpin adalah menjadi Pemimpin Diri kita sendiri. Memimpin "aku kecil". 

Sebelum mampu memimpin "aku kecil" yang ada dalam diri kita, rasa-rasanya kita akan menemui banyak kesulitan memimpin "massa" yang ada di luar diri kita sendiri.

*_Kemampuan memimpin "aku kecil" yang ada dalam diri sendiri merupakan tahap pertama yang harus dilewati. Harus berproses secara alamiah, ilmiah, insaniah dan ilahiah. Sehingga jati diri "aku kecil" benar-benar bisa teraktualisasi dengan baik dengan wujud sebagai pemimpin diri sendiri yang efektif, berkualitas dan berkelas dunia._*

Oleh sebab itu, adalah wajar, bila kita mengaku sebagai pemimpin. Ya, Pemimpin "aku kecil" yang ada dalam diri kita sendiri. 

Lulus sebagai Pemimpin "aku kecil" yang ada dalam diri sendiri, pasti akan menjadi Pemimpin berkualitas dan berkelas. 

Jadi, mulailah berlatih keras memimpin diri sendiri. Pasti berhasil. Pasti berhasil. Amin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama