Kesabaran kunci Sukses Dakwah Nabi Muhammad SAW : Sebuah Refleksi 



Kesabaran kunci Sukses Dakwah Nabi Muhammad SAW : Sebuah Refleksi 



Oleh Haji Raden Andre, Ketua Komite Sekolah SMAN 12 Jakarta Timur

Apa rahasia kesuksesan dakwah Nabi Muhammad SAW? Bagaimana Nabi mendakwahkan Islam di tengah-tengah Masyarakat Jahiliah Arab saat itu?

Dua pertanyaan tersebut penting kita ajukan agar kita sebagai pengikut dan umat Nabi Muhammad SAW bisa mencontoh dakwah Nabi Kita SAW sehingga kesuksesan dakwah Islam pun bisa kita raih di era metaverse ini.

Tentu saja, meskipun kondisi zaman sudah sangat jauh berbeda. Namun secara subtansi dakwah Islam tetap sama. Yaitu bagaimana Ajaran Islam bisa diterima oleh masyarakat dan menjadi low of life umat Islam khususnya dan umat manusia pada umumnya. Sehingga cahaya Islam dapat terus menerangi bumi dan semesta.

Bila kita merujuk kepada sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam mensyiarkan ajaran Islam ke masyarakat Arab saat itu yang terbelenggu oleh ajaran jahiliah, sangat menarik untuk kita simak. 

Nabi Muhammad SAW, seorang ini begitu berani dan begitu terampil dalam melakoni dakwah Islam hingga berhasil dan masyarakat Mekkah yang begitu kejam kemudian bisa beliau sadarkan dan tunduk kepada ajaran Islam yang penuh Rahmah bagi semua.

Pertanyaan kita sangat sederhana, bagaimana Nabi Muhammad SAW bisa berhasil dalam dakwahnya? Apakah karena beliau seorang Nabi yang mendapat privilage dari Allah SWT? Atau ada proses manusiawi yang sama seperti kita sebagai manusia biasa?

Bagi kita sebagai umatnya harus tahu benar keberhasilan dakwah Nabi SAW adalah merupakan upaya sungguh-sungguh beliau sebagai manusia yang dipercaya menjadi Rasulullah dan harus menyampaikan ajaran Islam kepada umat manusia. Sehingga kita bisa belajar dari sejarah beliau yang sangat luar biasa.

Dari kajian Sirah Nabawiyah, ada satu sikap beliau yang merupakan kunci keberhasilan dakwah Islam yaitu kesabaran beliau dalam menjalankan tugas suci sebagai Rasulullah. Dan itu menjadi pondasi penting suksesnya beliau dalam perjuangan dakwah Islam di Tanah Arab yang berpaham Jahiliah.

Semoga kita bisa meneladani dakwah Nabi Muhammad SAW. Amin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama