Dekranasda Konawe Resmi di Kukuhkan




Dekranasda Konawe Resmi di Kukuhkan


Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Konawe resmi dikukuhkan. Senin (21/10/2024), bertempat di salah satu hotel di Unaaha. 

Pelantikan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Konawe, Stanley, sebagai pembina dekranasda, susunan pengurus dekranasda kabupaten Konawe yaitu penasehat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Ferdinand Sapan, Ketua Dekranasda Konawe, Kusniyati Stanley, Ketua Harian, Husniah Nuhung Makati, Wakil Ketua 1, Cici Ita Ristianti, Wakil Ketua II Syahadat Isra Miradj Ferdinand, Sekretaris, Yusniati, Wakil Sekretaris, Sarmawati, Bendahara, Sudriani, Wakil Bendahara, Sri Rahayu Wayung. 

Setelah prosesi pelantikan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Dekranasda Kabupaten Konawe, Kusniyati Stanley.  

"Kami selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Konawe memberikan ucapan selamat kepada Pengurus Dekranasda Kabupaten Konawe yang baru. Dengan kepengurusan dekranasda yang baru ini dapat mengembang amanah untuk memajukan Dekranasda Kabupaten Konawe kedepan," ujarnya. 

Lebih lanjut, ia menyampaikan usai pelantikan Dekranasda Konawe dapat melakukan pembenahan untuk merancang program kerja yang lebih terukur. 

Ia juga mengajak dekranasda mampu merealisasikan serta membangun koordinasi dengan pihak-pihak terkait, dengan melakukan pendataan dalam upaya strategis dan mewujudkan  pengembangan usaha sektor kerajinan yang berada di Kabupaten Konawe, sesuai dengan tujuan dekranas.

"Menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa. Serta membina penemuan teknologi baru, menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan bagi kehidupan sehari-hari sebagai warga negara Indonesia," kata Ketua Dekranasda Konawe.

Selanjutnya, ia mengajak untuk memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan perajin dengan mendorong semangat kewirausahaan. 

"Memberikan masukan kepada pemerintah dalam perumusan kebijakan dalam rangka pembinaan dan pengembangan industri kerajinan serta meningkatkan kualitas dan kreatifitas perajin dalam meningkatkan daya saing produk kerajinan mempromosikan hasil kerajinan dengan memperluas pasar dalam dan di luar negeri," paparnya. 

Kusniyati Stanley menjelaskan, dekranasda dan lembaga pemerintah harus lebih berperan dalam peningkatan pembinaan pengrajin. Khususnya kerajinan berbasis sumber daya alam dan warisan budaya daerah. 

"Hal ini penting dalam mengahadapi persaingan perekonomian global termasuk upaya untuk kesejahteraan masyarakat pengrajin agar meningkat. 

Untuk itu, Ia mengajak bersama sama meningkatkan inovasi dan kreatifitas serta keterampilan dibidang seni kerajinan. Mengembangkan potensi kerajinan yang dapat menjadi sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

"Memperingatkan kemampuan perajin  dibidang produksi melalui pembinaan teknik produksi peningkatan mutu, desain produk serta manajemen  usaha dan mendorong pelestarian bahan baku. Memfasilitasi perajin untuk mendapatkan perlindungan hukum atas kekayaan intelektual berupa hak cipta, merek paten, dan desain industri. Meningkatkan, mempromosikan dan memasarkan hasil -hasil kerajinan," jelasnya. 

Diakhir sambutannya, ia berharap seluruh anggota Dekranasda Kabupaten Konawe mampu melakukan terobosan dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pengrajin.

"Sehingga berbasis pada peningkatan perekonomian para anggota pengrajin," pungkasnya.

Alfajri/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama