Polres Kutai Kartanegara Kerahkan Ratusan Personel, Amankan Penutupan Erau Adat Pelas Benua 2024



Polres Kutai Kartanegara Kerahkan Ratusan Personel, Amankan Penutupan Erau Adat Pelas Benua 2024

Anekafakta.com,Tenggarong

Dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan penutupan acara tahunan Erau Adat Pelas Benua 2024, Polres Kutai Kartanegara menggelar apel pengamanan pada Minggu (29/9/2024). Apel dilaksanakan di halaman Museum Mulawarman, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, pukul 07.15 WITA, dan dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Kukar, Kompol Subari.

Dalam proses pengamanannya, Polres Kukar mengerahkan ratusan personel untuk mengawal proses Mengukur Nga dan Belimbur di sepanjang Tepian Mahakam dan di depan Museum Mulawarman Tenggarong.

Dalam arahannya, Kompol Subari menyampaikan beberapa poin penting untuk pelaksanaan pengamanan acara penutupan Erau. Ia menekankan pentingnya rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas kesehatan yang diberikan kepada seluruh personel sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik. Kompol Subari juga menginstruksikan seluruh personel untuk melaksanakan tugas pengamanan dengan penuh keikhlasan dan memberikan pelayanan yang humanis kepada masyarakat.

"Setelah apel ini, seluruh personel diminta untuk menempati pos pengamanan sesuai dengan ploting yang sudah dibagi. Pastikan juga untuk tetap waspada dan melaksanakan patroli di titik-titik strategis," ujar Subari.

Arahan juga diberikan kepada personel Samapta dan Lalu Lintas agar memastikan kelancaran kegiatan dengan melakukan patroli di berbagai titik selama prosesi penutupan Erau dan tradisi Belimbur berlangsung.

Apel pengamanan ini selesai pada pukul 07.20 WITA dengan situasi aman dan kondusif. Personel keamanan diinstruksikan untuk tetap siaga dan kembali melaksanakan apel penutupan setelah tugas pengamanan selesai.

Acara Erau Adat Pelas Benua sendiri merupakan tradisi budaya tahunan yang digelar di Kabupaten Kutai Kartanegara, dihadiri oleh ribuan masyarakat lokal maupun wisatawan untuk menyaksikan berbagai rangkaian upacara adat serta tradisi Belimbur, yaitu siram-siraman air sebagai simbol pembersihan diri dan lingkungan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama