Pemkot Jakarta Barat Panen Labu Madu Serentak di RPTRA Manggis




Pemkot Jakarta Barat Panen Labu Madu Serentak di RPTRA Manggis


Anekafakta.com,Jakarta

Walikota Jakarta Barat, Uus Kuswanto bersama TP PKK DKI Jakarta dan Jakarta Barat panen labu madu di RPTRA Manggis.
Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat bersama TP PKK melaksanakan kegiatan secara luring dan daring Gebyar Taladu (Tanam Labu Madu) yang digelar di RPTRA Manggis, Jalan Anggrek Rosliana, Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Senin (23/9). 

Gebyar Taladu diisi dengan panen labu serentak dan lomba tanam madu labu F1 Cap Panah merah serta hasil olahan labu madu yang ditandai Wali Kota, Uus Kuswanto, Ketua III Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK DKI Jakarta, Komariah Marullah dan Ketua TP PKK Kota Jakarta Barat, Lisniawati Uus, di RPTRA Manggis. 

Labu madu yang dipanen pada kegiatan tersebut berukuran 1,4 -1,5 Kg. Warnanya sudah mulai kecoklatan dengan tangkai buah bagian pangkal sudah berubah warna dari hijau menjadi coklat. 

Walikota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengaku bangga atas terselenggaranya kegiatan yang diinisiasi TP PKK Jakarta Barat berkolaborasi dengan Cap Panah Merah. 

"Mudah-mudahan apa yang diprogramkan TP PKK Jakbar akan terus berlangsung, selain untuk memeriahkan atau pemanfaatan di RPTRA, juga untuk pengolahan  labu madu di wilayah Jakbar," ujarnya. 

Dikatakan Uus, kegiatan menanam labu madu (Taladu) juga menjadi salah satu program ketahanan pangan di Jakarta Barat.

"Manfaat lainnya, selain untuk ketahanan pangan, juga menggairahkan kegiatan-kegiatan di RPTRA," tambahnya. 

Ketua III Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK DKI Jakarta Komariah Marullah juga merasa bangga dengan kegiatan Gebyar Taladu yang diinisiasi TP PKK Jakarta Barat. 

"Karena ini salah satu ikon wilayah Jakarta Barat. Memang setiap wilayah kita minta, ikon-ikonnya. Alhamdulillah Jakarta Barat sudah sukses melakukan kegiatan yang memberikan ikonik di wilayahnya," jelasnya. 

Ia berharap, kegiatan tanam labu madu bisa disebarluaskan di wilayah Jakarta Barat. Selain buat ketahanan pangan, kegiatan ini juga bisa menambah nilai ekonomis.

"Manfaat taladu, bisa untuk penanganan stunting juga bisa menjadi makanan tambahan di Posyanadu. Jadi semua bisa dirasakan masyarakat," tambahnya. 

Sementara Ketua TP PKK Kota Jakarta Barat, Lisniawati Uus mengatakan bahwa kegiatan Gebyar Tanam Labu Madu diisi panen serentak di 16 titik lokasi fokus lomba taladu di delapan wilayah kecamatan di Jakarta Barat. 16 titik lokasi fokus lomba taladu masing-masing berada di 8 titik RPTRA dan Kelas berkebun. 

"Hasil panen pada 16 titik lokasi lomba Taladu diperkirakan mencapai 500 buah labu madu. Ada yang satu titik lokasi yang panen madu berjumlah 76-80 buah. Tapi, rata-rata panen berjumlah 20 buah/lokasi. Ini semua kegiatan dari Pokja III PKK yakni penguatan pangan keluarga, karena Jakarta Barat Ikonnya adalah labu madu," tuturnya

Rudy/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama