Peltu Arif B dan Muspika Gelar Program Mandiri Benih Untuk Peningkatan Ketahanan Pangan



Peltu Arif B dan Muspika Gelar Program Mandiri Benih Untuk Peningkatan Ketahanan Pangan

Anekafakta.com,Kodam Jaya, Tigaraksa

Program Mandiri Benih Ketahanan Pangan tahun 2024 kembali menarik perhatian dalam upaya memperkuat ketahanan pangan dan memajukan ekonomi pertanian. Inilah yang dilakukan Peltu Arif B Koramil 09/Mauk bersama Muspika melaksanakan penilaian produktivitas pertanian yang digelar di rumah Ketua Poktani Sinta RT 04/04 Desa Pekayon Kecamatan Sukadiri, Kab Tangerang, Rabu (04/09/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkirakan hasil panen tanaman dengan menggunakan metode ubin, yaitu mengambil titik sampel secara acak untuk mengukur produktivitas tanaman. Data yang diperoleh dari metode ini akan menjadi acuan penting dalam pengambilan keputusan oleh pemerintah terkait strategi ketahanan pangan di masa mendatang.

Dikegiatan itu, Peltu Arif B, Koramil 09/Mauk menyampaikan, metode ubin yang diterapkan memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai produktivitas tanaman. "Program ini tidak hanya bertujuan untuk memantau produktivitas tanaman, tetapi juga sebagai langkah strategis dalam meningkatkan ekonomi pertanian." jelasnya

"Ini sangat penting untuk memastikan bahwa langkah-langkah yang diambil dalam program ketahanan pangan benar-benar efektif dan berdaya guna. Kita berharap hasil kegiatan ini dapat meningkatkan semangat kelompok tani dalam melanjutkan usaha mereka," katanya.

"Data yang dikumpulkan akan membantu dalam merumuskan kebijakan yang lebih efektif untuk ketahanan pangan," jelas Peltu Arif B disela-sela kegiatan.

Ditempat terpisah, Danramil 09/Mauk, Kapten Arm Sigit, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendukung dan memperkuat kelompok tani di wilayah Koramil 09/Mauk, Kodim 0510/Tigaraksa.

Menurut Danramil, kegiatan ini tidak hanya berfungsi sebagai evaluasi, tetapi juga sebagai motivasi bagi para petani untuk lebih giat dalam bertani. "Program Mandiri Benih diharapkan dapat menjadi katalisator bagi peningkatan ekonomi pertanian di Kabupaten Tangerang, sekaligus memperkuat ketahanan pangan di tingkat lokal dan nasional." pungkas Danramil.

Hadir dalam giat itu, Ahmad Hapid, M.Si Camat Sukadiri, Suwaryo Kades Pekayon  Peltu Arif B Koramil 09 Mauk, Yayat Dinas Pertanian Pengawasan Benih Provinsi Banten, Sahri Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang, Bu Sri, Pak Agum BPP Sepatan, Bu Ajeng Maharani Koordinator, Samudin PPL dan Bapak Alim POPT.

Sumber Kodim 0510/Tigaraksa

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama