Mentauladani Nabi Muhammad SAW: sebuah Refleksi 



Mentauladani Nabi Muhammad SAW: sebuah Refleksi 

Oleh Haji Raden Andre, Ketua Komite Sekolah SMAN 12 Jakarta Timur

Siapapun sepakat Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang paling berpengaruh di dunia. Ajaran Islam yang diajarkan beliau sejak awal mula berdakwah hingga kini mendapatkan sambutan yang luar biasa. Ajaran Islam terus berkembang dan mendapatkan pengikut yang terus bertumbuh. Menurut Britnnica, pengikut Ajaran Islam terbesar ke 2 dengan jumlah total 1,8 Milyar Pengikut. Dan jumlah ini akan terus bertambah seiring dakwah Islam terus berkembang di seluruh belahan dunia. 

Tentu saja, perkembangan ajaran Islam yang selalu bertumbuh tidak lepas dari tokoh pembawa ajaran Islam itu sendiri yaitu Nabi Muhammad SAW. Sang Nabi adalah manusia pilihan yang sudah tertempa oleh sejarah dan membuktikan dirinya manusia pilihan yang terpercaya (Al Amin). Tidak ada catatan sejarah Nabi Muhammad pernah berbohong meskipun hanya sekali. Karena reputasinya tersebut, Nabi Muhammad SAW sangat dipercaya oleh kaumnya dalam hal apapun. Peristiwa hijr Ismail, hanya Nabi Muhammad SAW yang dipercaya untuk mengangkat dan menempatkan kembali pada posisi semula. Padahal saat itu semua perwakilan masing-masing suku saling beradu kuat siapa yang paling berhak memindahkan Hijr Ismail ke tempat semula. 

Dalam situasi yang Super genting, akhirnya semua sepakat Nabi Muhammad SAW yang dipercaya untuk menjadi juru damai dan sekaligus pemimpin semua kaum. Apapun keputusan beliau semuanya ikut patuh dan tunduk.

Jauh sebelum peristiwa hijr Ismail, Nabi Muhammad SAW sejak muda beliau sudah mendapatkan kepercayaan dari Seorang Saudagar Kaya Raya yaitu Siti Khadijah. Sejarah mencatat, sebelum Siti Khadijah memberikan kepercayaan kepada Nabi Muhammad SAW untuk menjalankan bisnisnya terlebih dahulu Siti Khadijah memastikan reputasi sang Nabi yang tidak tercela sedikitpun. Itu artinya kepercayaan diberikan karena sosok sang Nabi yang bisa dipercaya. 

Sang Nabi pun mampu membuktikan kepiawaiannya dalam berdagang dengan menghasilkan keuntungan yang luar biasa buat sang saudagar. Hal ini tidak terlepas dari Sosok sang Nabi yang sangat luar biasa.

Dua contoh yang sekelumit diungkapkan dalam tulisan ini merupakan contoh kecil dari bentangan sejarah yang luar biasa Sang Nabi. 

Kita, sebagai umat  Nabi Muhammad SAW sudah seharusnya menjadikan sosok beliau panutan dalam kehidupan kita sehari-hari. Nabi Muhammad SAW harus adalah dalam pikiran, perasaan, hati dan tindakan kita. Sebab dengan begitu kitapun akan dapat sibghoh beliau. Insyaallah.

Maka tidak berlebihan bila dalam peringatan hari kelahiran beliau kita harus mampu menangkap spirit kemanusiaan beliau yang sangat luar biasa. Agar kita bisa menjadi umat beliau yang berkualitas dan menjadi manusia diatas rata-rata. Amin ya rabbal alamin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama