Kodim Sragen Gelar Lomba PBB piala Panglima TNI bagi Pelajar SLTA Se Kabupaten



Kodim Sragen Gelar Lomba PBB piala Panglima TNI bagi Pelajar SLTA Se Kabupaten

Anekafakta.com,Sragen

Makodim 0725/Sragen dipenuhi oleh ratusan pelajar berpakaian putih abu,  mereka adalah peserta lomba PBB dari SLTA se Kabupaten Sragen, mereka datang ke Makodim untuk megikuti lomba PBB yang digelar kodim dalam rangka Hut TNI ke-79. Lomba PBB diikuti oleh 20 tim dari sekolah setingkat SLTA se kabupaten Sragen, Kamis (26/09/2024).

Tiap kelompok lomba PBB berjumlah 19 orang terdiri dari 18 orang peserta dan 1 orang sebagai pemimpin yang memberi aba aba. Masing masing kelompok diberikan waktu 10 menit dihitung pada saat Dantim laporan. Aba aba dilaksanakan secara berurutan dalam waktu yang sudah ditentukan, apabila dalam unsur gerakan tidak dilaksanakan akan berpengaruh pada penilaian.

Unsur unsur gerakan yang harus diperagakan dibagi menjadi 3 yakni pertama unsur gerakan ditempat (periksa kerapian, berhitung, istirahat, penghormatan, dll), kedua yaitu unsur gerakan berjalan (maju jalan, ganti langkah, jalan ditempat, langkah biasa, langkah tegap, langkah perlahan dll), yang ketiga yaitu unsur gerakan perubahan arah (hadap kanan kiri, hadap serong kanan kiri, buka tutup barisan, haluan kanan kiri, melintang kanan kiri, tiap tiap banjar belok kanan maupun kiri).

Letkol Inf Ricky Julianto Wuwung, S.Sos, M.IP mengatakan bahwa pemenang lomba PBB HUT TNI ke 79 akan diberikan apresiasi dari Kodim berupa Trophy, piagam penghargaan serta uang pembinaan.

"Lomba PBB Piala Panglima TNI tidak hanya sekedar ajang kompetisi tetapi juga merupakan wujud nyata penghargaan dan penghormatan kita kepada nilai-nilai kedisiplinan, ketertiban dan kerjasama tim, yang merupakan bagian dari semangat keprajuritan yang dimiliki oleh TNI" 

"Kedisiplinan dan kepatuhan terhadap aturan yang dilatih melalui PBB akan membentuk karakter kuat dalam diri setiap peserta, kita semua mengetahui bahwa generasi muda adalah penerus bangsa oleh karena itu penting bagi kita semua untuk menanamkan semangat patriotisme, nasionalisme dan cinta tanah air sejak dini, lewat kegiatan seperti ini kita berharap lahirnya generasi muda yang memiliki jiwa kepemimpinan, kedisiplinan serta semangat persatuan dan kesatuan bangsa" Ungkap Letkol Inf Ricky.

Dandim berharap dengan kegiatan ini para siswa dapat meningkatkan rasa cinta tanah air menumbuhkan semangat juang dan menjunjung tinggi sportivitas dalam setiap langkah. 

Abdullah Salahuddin Al Ayubi dari SMK Sakti Gemolong mengaku senang dengan kegiatan lomba PBB yang diselenggarakan oleh Kodim Sragen, baginya ini adalah pengalaman baru mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh TNI, sebelumnya ia pernah beberapa kali mengikuti lomba serupa di Sukoharjo,  dan lomba PBB Pramuka di Ki srenggi Sambirejo. 

"Kami bersama teman teman telah berlatih selama 1 minggu untuk mengikuti lomba, yang melatih juga Anggota Koramil Gemolong, harapan kami SMK Sakti Gemolong menjadi juara pertama" ucapnya optimis.

Setelah 20 tim peserta diadu akhirnya terpilihlah 3 tim terbaik sebagai juara. Juara 1 diraih oleh SMK N 2 Sragen, Juara 2 diraih oleh SMK Sakti Gemolong dan Juara 3 diraih oleh SMK N 1 Plupuh.


Mariyo

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama