Kapolsek Muara Jawa Hadiri Sosialisasi Pencegahan Kebakaran di Kecamatan Muara Jawa




Kapolsek Muara Jawa Hadiri Sosialisasi Pencegahan Kebakaran di Kecamatan Muara Jawa

Anekafakta.com,KUKAR - 

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi ancaman kebakaran, Kecamatan Muara Jawa, Kutai Kartanegara (Kukar), menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi pencegahan serta penanggulangan kebakaran pada Selasa (10/9/2024). 

Acara yang berlangsung di Gedung Astra Brata ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait dan sekitar 50 warga Muara Jawa. Dihadiri langsung oleh Kapolsek Muara Jawa IPTU Dedik Indria Prasetyo.

Dalam kegiatan yang dimulai pukul 09.00 Wita tersebut, beberapa tokoh penting hadir memberikan sambutan dan pemaparan mengenai pentingnya pencegahan kebakaran, di antaranya Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kukar, Witontro dan Camat Muara Jawa, Moh Ramli.

Dalam sambutannya, Moh Ramli menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini. Ia mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pemadam Kebakaran Kukar yang telah meluangkan waktu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. 

"Kegiatan Damkar standby 24 jam di Muara Jawa, dan kami telah menyiapkan pos khusus untuk pemadam kebakaran yang akan ditingkatkan fasilitasnya ke depan," ujar Ramli.

Ia juga berharap agar jumlah unit pemadam di Muara Jawa dapat ditambah menjadi dua agar penanganan kebakaran semakin optimal.

Sementara itu, Witontro menekankan pentingnya kegiatan ini dalam rangka mencegah kebakaran, terutama karena Muara Jawa memiliki beberapa Obyek Vital Nasional. Ia juga mengingatkan bahwa sebagian besar kebakaran disebabkan oleh kelalaian manusia, sehingga pemahaman tentang pencegahan kebakaran menjadi hal yang krusial.

"Kami berharap sosialisasi ini dapat meminimalkan kejadian kebakaran, terutama dengan adanya pertumbuhan penduduk Muara Jawa yang akan menjadi bagian dari Ibu Kota Nusantara (IKN)," tambahnya.

Acara ini ditutup dengan sosialisasi langsung kepada peserta mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Kapolsek Muara Jawa, Iptu Dedik I Prasetyo, yang turut hadir dalam acara ini mengapresiasi partisipasi masyarakat dan berharap mereka dapat meneruskan pengetahuan yang diperoleh kepada lingkungan sekitar. 

Kegiatan ini menjadi langkah nyata dalam membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi kebakaran, sekaligus memperkuat sinergi antara pemerintah daerah, aparat, dan warga Muara Jawa.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama