Kapolres Kukar Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Sukseskan Pilkada Serentak 2024




Kapolres Kukar Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Sukseskan Pilkada Serentak 2024


Anekafakta.com,KUKAR - 


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar rapat koordinasi lintas sektoral untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024. Rapat tersebut berlangsung pada Selasa (3/9/2024), pukul 09.00 WITA, di Putri Karang Melenu, Tenggarong Seberang.

Rapat dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara, Sunggono yang mewakili bupati Kukar, Kapolres Kutai Kartanegara, AKBP Heri Rusyaman; Dandim 0906/Kukar, Letkol Czi Damai Adi Setiawan, serta berbagai unsur terkait lainnya dari KPU, Bawaslu, TNI, Polri, hingga camat dan kapolsek se-Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam sambutannya, Sunggono, menyampaikan pentingnya koordinasi antara pemerintah daerah dengan KPU, Bawaslu, TNI, dan Polri untuk memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 berjalan aman dan lancar. Beliau juga menegaskan bahwa pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah mengalokasikan anggaran hibah melalui APBD Kukar sebesar Rp 103,66 miliar untuk mendukung kelancaran Pilkada, dengan rincian anggaran untuk KPU, Bawaslu, serta pengamanan oleh TNI dan Polri.

"Upaya mewujudkan Pilkada yang berkualitas merupakan tanggung jawab bersama seluruh pemangku kepentingan. Meski teknis pelaksanaannya menjadi tanggung jawab KPU, namun dukungan dari pemerintah daerah dan sinergi dengan berbagai pihak sangatlah krusial," ujarnya.

Rapat yang berlangsung hingga pukul 13.00 WITA ini juga menekankan pentingnya peran camat, lurah, dan kepala desa dalam mendukung pelaksanaan Pilkada, serta mengantisipasi potensi kerawanan yang dapat mengganggu jalannya pesta demokrasi. Selain itu, partisipasi masyarakat dalam Pilkada juga menjadi fokus utama, dengan target nasional partisipasi pemilih sebesar 79,5 persen.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama