Kapolres Kukar Hadiri Ngatur Dahar Sultan Kutai, Awali Acara Adat Erau 2024 di Tenggarong



Kapolres Kukar Hadiri Ngatur Dahar Sultan Kutai, Awali Acara Adat Erau 2024 di Tenggarong

Anekafakta.com,KUKAR – 

Polres Kukar hadiri rangkaian kegiatan Ngatur Dahar Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, yang digelar pada Jumat malam (20/9/2024) di Museum Mulawarman, Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Ini menjadi pembuka rangkaian acara Adat Erau 2024. Acara yang dimulai pukul 20.00 WITA ini dihadiri langsung oleh Sultan Adji Muhammad Arifin, bersama kerabat kesultanan dan beberapa pejabat penting dari TNI dan Polri.

Selain Sultan Kutai, hadir pula Letkol Czi Damai Adi Setiawan (Dandim 0906 Kukar), AKBP Heri Rusyaman, (Kapolres Kutai Kartanegara), serta sejumlah perwakilan dari Polsek dan Koramil Tenggarong. Acara ini juga dihadiri oleh Pangeran Noto Negoro, Camat Tenggarong, dan sekitar 70 kerabat kesultanan lainnya.

Ritual Ngatur Dahar dimulai dengan upacara adat tepong tawar yang dipimpin oleh Dewa dan Belian. Dimana Sultan menerima pensucian diri dan pemberkatan sebelum memasuki prosesi makan bersama. Sebanyak 41 macam hidangan tradisional khas Kutai, seperti tumpi, elat sapi, apam, kelepon, hingga pepik, disajikan kepada Sultan dan para tamu undangan. 

Selain itu, turut disediakan hidangan khusus untuk "orang halus" atau makhluk tak kasat mata, yang terdiri dari nasi tambakan hitam, merah, dan putih, serta berbagai kelengkapan ritual seperti beras kuning dan tepong tawar.

Acara berlangsung khidmat dan lancar hingga selesai pukul 20.45 WITA dalam situasi aman terkendali. Sebagai bagian dari rangkaian acara Erau, Sultan dan kerabat sultan diingatkan untuk menghadiri ritual Pendirian Tiang Ayu yang akan dilaksanakan keesokan harinya, Sabtu (21/9/2024) pukul 08.00 WITA di tempat yang sama.

Rangkaian Erau 2024 ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar hingga akhir, menjaga tradisi dan nilai-nilai luhur Kesultanan Kutai Kartanegara.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama