Penguasa, Sampai Kapan Rakyat Harus Menunggu di Gerbang Kemerdekaan : Renungan Kemerdekaan



Penguasa, Sampai Kapan Rakyat Harus Menunggu di Gerbang Kemerdekaan : Renungan Kemerdekaan

Oleh Tubagus Solehudin, Ketum BABAD BANTEN

Sebentar lagi, kemerdekaan Bangsa Indonesia berusia 79 tahun. Momentum tersebut rutin selalu diperingati dengan seksama oleh segenap Bangsa Indonesia. Tanpa kecuali.

Pada peringatan ke 79 tahun kemerdekaan Bangsa Indonesia, sepertinya akan berbeda dari tahun sebelumnya. Pada usia kemerdekaan ke 79 ini, Presiden Haji Jokowi  akan memperingati HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia di kawasan IKN. Untuk pertama dan menjadi momentum penting kebanggaan Bangsa Indonesia. Pasalnya, memperingati Kemerdekaan Bangsa Indonesia tahun ini yang ke 79 berlangsung di Istana Negara hasil karya Bangsa sendiri. Hasil cipta karsa dan karya anak Bangsa Indonesia sendiri. Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kita semua.

Sebagai warga negara dan rakyat alit pula, kita harus bangga dan mendukung. Tidak ada cara lain selain mendukung program strategis nasional Bangsa yang sekarang sedang dikerjakan oleh anak-anak Bangsa terbaik. IKN merupakan simbol kemajuan peradaban Bangsa Indonesia sekaligus menjadi anak tangga kesadaran sebagai Bangsa yang dulunya bernama Nusantara.

Tanpa kita sadari, penyebutan Kata Nusantara membangkitkan kesadaran dari alam bawah sadar kita. Bahwa kita merupakan Bangsa besar dengan bentangan ribuan pulau yang berjajar. Dulu di zaman Orba ada materi wawasan Nusantara di bangku kuliah. Meskipun hanya satu semester tapi minimal benih kesadaran itu disemai di kepala Anak-anak bangsa.

Insyaallah benih Wawasan Nusantara yang dulu pernah di tanam di bangku sekolah dan kuliah sudah mulai tumbuh dan akan terus membesar dan menguat. Sehingga menjadi pondasi benteng ideologis yang tak tergoyahkan. Sederhana tapi akar-akarnya menghujam ke relung batin putera puteri Nusantara.

Penulis belum tahu persis apakah penamaan Nusantara untuk Ibukota Negara merupakan hasil kesadaran dari benih yang pernah ditanam di zaman Orba dulu atau hanya bentuk sikap ingin berbeda saja dari yang sudah ada?

Ya, kita husnudzhon saja.  Insyaallah pemerintah sudah berhitung dengan cermat segala sesuatunya. 

Buat kita rakyat Indonesia yang alit ini, berharap agar pemerintah segera mengajak masuk rakyat Indonesia ke dalam gedung kemerdekaan Bangsa Indonesia. Jangan terus-terusan di suruh menunggu di depan gerbang kemerdekaan. Karena sudah terlalu lama kepanasan dan kehujanan. 

Apakah IKN itu akan membuka pintu gerbang kemerdekaan dan rakyat bisa memasuki gedung kemerdekaan Bangsa Indonesia di usianya yang ke 79? Atau rakyat kembali menunggu entah sampai kapan di depan gerbang kemerdekaan. Semoga Pak Jokowi dan Pelanjutnya bisa merealisasikan janji-janji kemerdekaan Bangsa Indonesia. Amin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama