Hadiri Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi Pelajar, Ini Pesan Kapolsek Muara Jawa



Hadiri Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi Pelajar, Ini Pesan Kapolsek Muara Jawa

KUKAR,Anekafakta.com

Polsek Muara Jawa menghadiri kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dengan tema Peran Strategis Pelajar Sebagai Pengawas Partisipatif dalam rangka Pilkada tahun 2024. 

Kegiatan ini berlangsung pada Selasa (27/8/2024), di Kolam Renang HRD 77, Kelurahan Muara Jawa Ilir, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolsek Muara Jawa, Iptu Dedik I Prasetyo, Ketua Panwascam Muara Jawa, Puji Astuti beserta staf, Ketua PPK Muara Jawa, Abdul Muin beserta staf, serta sejumlah perwakilan dari lembaga terkait, pendamping pelajar, dan sekitar 50 pelajar dari SMAN 1 Muara Jawa dan SMK Nasional.

Dalam sambutannya, Ketua Panwascam Muara Jawa, Puji Astuti, menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya edukasi kepada para siswa mengenai pemilu dan Pilkada 2024. "Kegiatan ini memberikan pemahaman dan edukasi kepada siswa-siswi Kecamatan Muara Jawa tentang Pemilu Pilkada Tahun 2024," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Muara Jawa, Abdul Muin, mengajak para siswa yang telah cukup umur untuk segera mendaftarkan diri ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Kartanegara dan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024. 

"Jangan sampai siswa yang sudah memiliki KTP ini tidak ikut menyuarakan hak suaranya atau bisa dibilang golput," tegasnya.

Kapolsek Muara Jawa, Iptu Dedik I Prasetyo, yang menjadi pengisi materi utama, mengajak para pelajar untuk menjadi pemilih yang cerdas dan berperan aktif dalam pengawasan pemilu. "Generasi sekarang diharapkan menjadi generasi emas pada tahun 2045 yang akan membawa bangsa ini ke puncak kemajuan dengan kemampuan, kreativitas, serta etika yang kuat," jelasnya. 

Iptu Dedik juga menekankan pentingnya memahami informasi yang benar dan menghindari isu-isu negatif di media sosial terkait pemilu.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada para siswa, khususnya di SMAN 1 Muara Jawa dan SMK Nasional, mengenai sistem dan tahapan Pilkada tahun 2024 serta peran strategis mereka sebagai pengawas partisipatif.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama