Ratusan Warga Gondrong Kota Tangerang Gelar Tradisi Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam 1446 H



Ratusan Warga Gondrong Kota Tangerang Gelar Tradisi Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam 1446 H

KOTA TANGERANG,Anekafakta.com

Ratusan warga Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang menggelar pawai obor keliling dalam rangka merayakan Malam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, Sabtu 6 Juli 2024 malam.

Kegiatan pawai obor yang dipraksai oleh Himpunan Pemuda Mushola Nurul Iman (Himpuni), diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua mengenakan pakaian muslim.

Sejak pukul 19.15 WIB peserta pawai berkumpul di depan Musholla Nurul Iman. Usai Shalat Isya, pawai obor dilakukan dengan berjalan kaki, dan sebagian mengendarai kendaraan roda dua melintas Jalan Raya yang ditetapkan panitia.

Saat pawai obor berlangsung, terdengar lantunan sholawat dan pujian kepada Rasulullah SAW dari peserta pawai yang mengikuti kegiatan tersebut.

Untuk menambah kemeriahan pawai obor, peserta pawai juga memainkan alat musik rabana dan gendang serta membawa lampu stick led warna warni.

Ketua panitia penyelenggara Lutfhi Hadadi mengatakan pawai obor yang diikuti ratusan warga dari 2 RT di RW 01 itu dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah.

Pawai obor ini dimulai dari depan Musholla Nurul Iman, kemudian mengarah ke Jalan Kihajar Dewantoro. Lalu ke Jalan Perumahan Grand Lake City dan berkumpul di GOR Gondrong, kemudian mengarah ke Jalan Lurah Sa'adi tembus ke Jalan Kihajar Dewantoro dan berakhir kembali ke depan musholla.

"Kegiatan ini adalah sebuah agenda rutin untuk menyambut tahun baru islam dengan berkeliling mengitari kampung yang bertujuan untuk mempererat ukuwah islamiyah," kata Luthfi.

Ia juga turut apresiasi antusias warga menyambut tahun baru islam dengan begitu senang dan bahagia. 

"Alhamdulillah pawai obor kali ini menggunakan lampu stick led warna warni, diikuti para anak-anak, ibu-ibu dan bapak bapak dan melibatkan para remaja, ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat sekitar berjalan aman dan kondusif," ujarnya.

Sementara, tokoh masyarakat sekitar ustadz Imam Abdul Qudus berharap pawai obor dalam memperingati Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, juga kepedulian sosial.

"Diharapkan tahun depan kegiatan pawai obor lebih baik lagi menjadi warga yang baik terhadap lingkungan yang aman dan tentram," ucapnya.

Selain itu, ia mengaku pawai obor juga mendidik kepada generasi-generasi penerus untuk mengenal mana tradisi islam yang baik serta bermanfaat dan lain sebagainya.

"Kita sudah dua tahun ya markasnya di Musholla Nurul Iman. Kalau tahun depan mungkin tadi pak RW sudah mengingatkan semua RT ikut andil bareng-bareng satu RW. Nanti bakal dikomunikasikan lagi. Kalau kami mengikuti aja yang penting anak-anak muda kita suport dalam hal-hal yang bernilai positif," imbuhnya.(Eva)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama