Khotbah Jumat Koptu Muslim: Muhasabah dan Semangat Tahun Baru Islam


Khotbah Jumat Koptu Muslim: Muhasabah dan Semangat Tahun Baru Islam
  
Kodam Jaya, Tigaraksa,Anekafakta.com

Dalam suasana semangat Tahun Baru Islam, Masjid Al-Barokah Kp. Ciatuy RT 04/05, Desa Sodong Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang, menjadi saksi pelaksanaan sholat Jumat yang penuh makna, Jumat (12/07/2024). Dalam sholat Jumat itu, Khotib Koptu Muslim menyampaikan pesan penting dalam khutbahnya yang bertema "Muhasabah dan Semangat Tahun Baru Islam".

Koptu Muslim, menyampaikan panduan menghadapi tahun baru hijriah, ia mengutip tiga pesan penting dari Syaidina Ali Karomallah wajha r.a., yang mengajarkan tentang menjadi manusia yang baik di mata Allah, rendah hati di hadapan diri sendiri, dan biasa saja di hadapan orang lain.

Menurut Ust Muslim, pesan-pesan tersebut sangat relevan untuk dimaknai dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi tahun baru 1446 hijriah. "Kita perlu istiqomah dalam menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhkan diri dari larangan-Nya," tambahnya.

Di akhir khotbahnya, Koptu Muslim menyampaikan harapan agar tahun baru ini membawa kebaikan dan rahmat dari Allah SWT. "Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan barakah-Nya kepada kita semua, dari dunia hingga akhirat," tutupnya dengan doa yang tulus.

Khotbah Jumat ini tidak hanya mengingatkan umat Islam akan pentingnya muhasabah dan semangat tahun baru, tetapi juga mengajak untuk merefleksikan dan meningkatkan kualitas hidup spiritual. Dari penyampaian khobah tersebut, menjadi inspirasi bagi umat muslim dalam merayakan tahun baru hijriah.

Sumber Kodim 0510/Tigaraksa

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama