Dr.Yeremia Mendrofa Jadi Pembicara dalam Acara Yang digelar oleh Dinas Perpustakaan Provinsi Banten



Dr.Yeremia Mendrofa Jadi Pembicara dalam Acara Yang digelar oleh Dinas Perpustakaan Provinsi Banten


JAKARTA,- Anekafakta.com

Dalam upaya memperkuat literasi dan budaya membaca Indonesia, Ketua Komisi V DPRD Provinsi Banten DR.Yeremia Mendrofa menegaskan, peningkatan budaya membaca perlu menjadi prioritas utama sebelum meningkatkan kemampuan literasi.

Hal itu disampaikannya dalam membuka sambutanya di acara yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan Provinsi Banten, disalah satu aula warga di rw 15 Priuk Kota Tangerang, Selasa (2/7/2024).  


Dengan disambut tari tradisional Yeremia yang pada awalanya acara ini juga akan dihadiri oleh Ade Sumardi Ketua DPD PDIP Provinsi Banten, namun beliau berhalang hadir, dikarenakan mendadak ada tugas dari DPP PDIP, Yeremia akhirnya melakukan video Call kepada Ade Sumardi Ketua DPD PDIP Provinsi, dan mereka pun saling  menyapa, peserta yang didominasi oleh Ibu Ibu juga mendapatkan apresiasi dari Ade Sumardi

Literasi Pembudayaan Gemar Membaca Masyarakat Melalui TBM/ Komunitas Literasi juga dihadiri oleh Sekretaris Kelurahan Priuk Bpk Pambudi, Ketua RT dan RW setempat berjalan  dengan komunikastif.

Lebih lanjut dalam kata sambutanya Yeremia menegaskan, satu dari tujuan Indonesia merdeka adalah mencerdaskan kehidupan berbangsa. 
Pasal 31 ayat (1) dan (2) UUD 1945 menjadi dasar hukum bagi negara dalam memberikan layanan pendidikan di Indonesia, terutama akses pendidikan yang sama terhadap semua warga negara tanpa memandang status sosial, ekonomi, atau latar belakang mereka ungkap Yer. 

Lebih lanjut ia mendorong agar layanan pendidikan Indonesia bermutu, negara lalu menciptakan berbagai instrumen pendukung dengan memasukan budaya membaca, dan ketersediaan buku bacaan bagi lembaga pendidikan dan masyarakat.

Ditambahkanya dengan literasi, tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil simpulan dari informasi yang diterima akan jauh lebih baik, tidak terpengaruh dengan Berita Hoax yang kerap terjadi saat ini, baik di group WA ataupun di media sosial, untuk itu kepada yang hadir ia berharap agar berhati hati dalam bermedia sosial. 

Karena kemampuan literasi ini akan menjadi kunci sukses manusia untuk berproses menjadi manusia yang memiliki pengetahuan dan berperadapan, salah satu cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kemampuan literasi ini adalah dengan banyak membaca buku.

Dengan literasi, tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil simpulan dari informasi yang diterima akan jauh lebih baik. Membantu orang berpikir secara kritis dan tidak mudah terlalu cepat bereaksi. Membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui kemampuan membaca, sebelum meninggalkan lokasi acara ia pun menyempatkan diri, menyapa anak anak yang asik membaca buku yang telah disediakan oleh Perpustakaan Si Atang.

(D.Wahyudi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama