DR.Connie Rahakundini : Membaca Eurasia, Asean dan Indonesia



DR.Connie Rahakundini : Membaca Eurasia, Asean dan Indonesia

JAKARTA,- Anekafakta.com

Dr. Rahakundini Laspetrini, M.Si atau lebih dikenal dengan nama Connie Rahakundini Bakrie menjelaskan analisanya tentang visi EUROSIA, ASEAN dan Indonesia kepada Global Thinkers Institue (GTI), 29 juli 2024.

 Menurutnya Indonesia sudah saatnya berpikir outward looking dibanding inward looking. Indonesia tidak kemana-mana karena justru terlalu fokus kedalam.

Bertahan dalam zona aman ASEAN dan menjadi penonton transisi tata kelola global.

Justru ketika Indonesia outward looking, akan merespon secara positif tren global seperti gerakan Eurasi, BRICS, BRI, dan Shanghai Cooperation. Memanfaatkanya untuk kepentingan ekonomi Indonesia dan menjaga keseimbangan kekuatan NATO Pasifik. 

India dan China menurut Connie adalah pemain global yang mampu menjaga keseimbangan barat dan timur. Indonesia harus banyak belajar dari india. Indonesia harus memiliki blue print, doktrin pertahanan yang solid, sehingga bisa menjadi pemain global.

Putin menurut Connie adalah sosok pemimpin dunia yang setipe dengan Sukarno, fokus pada kemandirian dan menerapkan kekuatan cara berpikir yang revolusioner.

Connie percaya Russia lebih bisa diandalkan dalam alih tehnologi Indonesia dibanding negara Barat.

(Hddt)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama