Banjir 2024 Gorontalo Butuh Perhatian



Banjir 2024 Gorontalo Butuh Perhatian


Gorontalo,Anekafakta.com

Pasca banjir bandang yang menimpa Gorontalo minggu lalu, infrastruktur dan rumah warga banyak mengalami kerusakan. Diperkirakan banjir tahun ini jauh lebih besar dibanding banjir tahun lalu, dari 50 kelurahan yang ada, 46 kelurahan tahun ini ikut kebanjiran.





Seperti penuturan ibu Mien warga rt 01 rw 02 kel Heledulaah Utara, "biasanya banjir cuma  sampe pelataran rumah dan kebun saja, namun tahun ini banjir so masuk sampe kita pe warung.Sedangkan rumah tetangga dibelakang air sudah setinggi pinggang orang dewasa ", katanya. Sengaja sy dan anak tidak pergi mengungsi kemarin padahal so banyak tetangga yang   mengungsi waktu itu", kata Mien. "Beruntung air cepat surut jadi saya agak tenang pungkasnya".





Nada serupa diungkapkan ibu Ayu (pemilik rumah laundry) dan Hj. Salma (pemilik agen gas elpiji ) "selain rumah, tempat usaha kami juga kebanjiran. Banjir tahun ini sangat berbeda dengan banjir -banjir yang lalu. Stok gas kami sempat habis selama musim banjir,karena keterlambatan pengiriman dari Pertamina, katanya. sementara permintaan masyarakat cukup tinggi saat itu, banyak warga berburu gas untuk memasak" ungkap hj. Salma.Ada perasaan haru, senang dan prihatin dikala banjir", pungkasnya pada media.




Ibu Ayu kemudian menambahkan, banjir tahun ini bikin kami prihatin dan tidak tenang,soalnya ada 3 orang anak kecil dirumah dan 2 orang lansia yang sedang sakit. Beruntung saat itu banjir tidak terus meninggi, jadi kami masih bisa bertahan dirumah.Selain itu kami juga cemas pada bisnis rumah laundry kami, bagaimana dengan nasib kelangsungan usaha kami kelak, bagaimana jika pakaian orang (pelanggan) yang dititip dirumah laundry hanyut terbawa banjir. Alhamdulillah kami bersyukur, akhirnya  kecemasan kami sirna seiring menyusutnya air/ banjir",demikian pungkasnya.

Kemudian Mr. Kenny salah seorang Spv PT. Samsung cabang Gorontalo mengatakan " terputus dan rusaknya akses jalan, musibah tanah longsor dan banyak nya pohon tumbang, 
¹menambah derita masyarakat. Masalah tersebut diatas berdampak pada sepinya pengunjung ke outlet kami", demikian akunya pada media. 

(Pb.Mercy/Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama