Tentang Tawuran Warga yang sering terjadi, Haji Andre bilang Pemerintah Harus Berperan Aktif membina Masyarakat



Jakarta anekafakta.com

Prilaku tawuran antar warga yang kerap terjadi harus mendapat perhatian dan solusi konkret dari berbagai pihak untuk menghentikan bahkan menghilangkan prilaku yang sangat negatif tersebut. Sebab hal ini sangat merugikan banyak pihak dan semuanya berada dalam pihak yang kalah. Pada hakekatnya tidak ada yang menang dalam tawuran antar warga tersebut. Semuanya rugi.

Prilaku tawuran antar warga merupakan kategori penyakit masyarakat. Apalagi  kerap terjadi tanpa ada sebab syar'i. Hal ini bila diamkan saja maka akan menjadi prilaku yang lumrah dan dimaklumi. Padahal prilaku tawuran ini bisa menular dan akan memunculkan sikap bringas dan hilangnya rasa welas asih sebagai manusia. tentu saja kita tidak mau rasa kemanusiaan kita hancur karena penyakit tawuran ini. Oleh sebab itu, pihak-pihak yang memiliki kewenangan seperti aparat negara harus bertindak baik secara preventif maupun secara opensif agar penyakit tawuran ini bisa hilang dan lenyap dari masyarakat kita.

Hal ini disampaikan oleh Haji Andre Ketua umum Gemabatik (Gerakan Membangun Bangsa Tanpa Konflik) kepada anekafakta.com kamis (20/06/2024) di Jakarta terkait maraknya tawuran antar warga yang kerap terjadi di Jakarta.

Menurut pandangan Haji Andre, pemerintah perlu melakukan pembinaan serius langsung ke warga. Agar jelas persoalan yang menjadi akal masalahnya. Sehingga bisa segera diselesaikan dengan tuntas dan komprehensif. Persoalan tawuran bisa saja puncak gunung es dari persoalan warga yang menumpuk. Mulai dari tidak tersedianya lapangan kerja, persaingan usaha sehingga menimbulkan stress atau masalah lain yang bisa menjadi pemicu tawuran. 

Menurut Haji Andre, disitu pemerintah atau pihak terkait bisa mempetakan dan menerjunkan tim khusus yang sudah terlatih yang mampu melakukan pembinaan langsung ke warga. Atau bisa juga bekerja sama dengan binamas dan Babinsa yang sudah berjalan di tiap lingkungan warga namun perlu ditambah lagi kekuatannya agar bisa optimal dalam menjalankan tugas yang sangat berat ini.

Lebih lanjut Haji Andre mengatakan bahwa tawuran adalah penyakit. Dan penyakit ini menular jadi sikap dan ketegasan dari pemerintah dan pihak yang berkepentingan harus bertindak cepat dan tepat sasaran. Agar penyakit tawuran ini tidak merembet kemana-mana yang akhirnya mengganggu stabilitas nasional. Tutup Haji Andre.

Reporter :Solehudin

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama