Peduli Kesehatan Anak Bawaan WBP, LPP Sungguminasa Lakukan Pengawalan Pemeriksaan di RS

Peduli Kesehatan Anak Bawaan WBP, LPP Sungguminasa Lakukan Pengawalan Pemeriksaan di RS

Sungguminasa,Anekafakta.com

Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup warga binaan, Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa berkomitmen untuk mewujudkannya melalui layanan kesehatan. Selain warga binaan, anak bawaan warga binaan baik bayi maupun balita tidak luput dari perhatian pihak lapas. Komitmen tersebut diwujudkan melalui pemantauan pertumbuhan anak bawaan pada tanggal 3 tiap bulannya oleh pihak klinik Lapas, Kegiatan Imunisasi di PKM terdekat dan pemberian makanan tambahan. 

Pemberian makanan dari klinik LPP Sungguminasa untuk anak bawaan WBP berupa suplemen vitamin untuk bayi,susu formula , bubur bayi, biskut, minyak telon dan popok bayi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Kegiatan pemantauan pertumbuhan anak bawaan terdiri dari penimbangan berat badan,  pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala dan lingkar lengan untuk mengetahui status gizi dari anak bawaan WBP. Dari pemantauan tiap bulan tersebut salah satu anak bawaan WBP terindikasi stunting. Oleh karenanya pihak Lapas segera  menindaklanjuti dengan melakukan rujukan ke dokter spesialis anak di RS Syekh Yusuf Gowa. 

Didampingi petugas medis dan 2 orang petugas pengawalan, anak bawaan WBP melakukan kontrol di Poli Anak dan dari hasil pengukuran yaitu BB 8,0 kg dan TB 76,5 cm, dokter menyimpulkan anak tersebut terindikasi Stunting gizi kurang dan perawakan pendek. Dokter menyarankan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui apakah status gizinya berhubungan dengan anemia. Kemudian dokter mengarahkan konsul ke Poli Gizi. Adapun Dokter di Poli Gizi memberikan jadwal pemberian makanan utama dan makanan selingan untuk anak bawaan tersebut. 

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa, Yohani Widayati menginstruksikan kepada petugas medis untuk segera menindaklanjuti hasil pemeriksaan anak bawaan warga binaan.

"Sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan kualitas kesehatan warga binaan dan anak bawaannya, kepada petugas medis selain memantau kesehatan warga binaan, harap untuk segera menindaklanjuti hasil pemeriksaan dan perawatan kepada anak bawaan tersebut" Ujar Yohani.

Darman /red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama