Menuju Indonesia Emas, LPP Sungguminasa Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024



Menuju Indonesia Emas, LPP Sungguminasa Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Sungguminasa,Anekafakta.com

Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa melaksanakan kegiatan Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, bertempat di halaman blok hunian LPP Sungguminasa. Berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, tanggal 1 Juni merupakan salah satu hari penting dalam kalender bangsa Indonesia. Pasalnya, di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Pemilihan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan/BPUPKI) dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia. Adapun tema Peringatan hari lahir Pancasila pada tahun 2024 ini adalah "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

Upacara Hari Lahir Pancasila kali ini diikuti oleh pejabat struktural, pejabat fungsional dan staf serta warga binaan LPP Sungguminasa dimana Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa, Yohani Widayati bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kasi Kamtib (Harnanensi) bertindak sebagai Perwira Upacara dan Kasubsi Bimker (Sukamilawati) bertindak sebagai Pemimpin Upacara. Dalam memeriahkan upacara kali ini, Seluruh petugas yang hadir mengenakan pakaian adat daerah.

Dalam Upacara tersebut, sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) Yudian Wahyudi disampaikan oleh Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa, Yohani Widayati berpesan agar keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

"Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional"Bhinneka Tunggal Ika"

Darman /Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama