Lapas Makassar Gelar Sosialisasi Tuberculosis (TB) kepada WBP



Lapas Makassar Gelar Sosialisasi Tuberculosis (TB) kepada WBP

Makassar,Anekafakta.com

Tuberkulosis (TB) atau TBC adalah penyakit menular akibat infeksi bakteri. TBC umumnya menyerang paru-paru, tetapi juga dapat menyerang organ tubuh lain, seperti ginjal, tulang belakang, dan otak. Penularan tuberkulosis (TBC) terjadi ketika seseorang tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) saat seseorang yang terinfeksi TBC bersin atau batuk. Oleh sebab itu, risiko penularan penyakit ini lebih tinggi pada orang yang tinggal serumah dengan penderita TBC. TBC pada paru-paru akan menimbulkan gejala berupa batuk lebih dari 3 minggu yang dapat disertai dahak atau darah. Selain itu, penderita juga akan merasakan gejala lain, seperti demam, nyeri dada dan berkeringat di malam hari.

Pada hari kamis, 6 Juni 2024 dilaksanakan Sosialisasi TB dari Yamali TB bekerjasama dengan Dinas Kesehatan kota Makassar dan Puskesmas Mangasa kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Aula Lapas Makassar, dengan target penyuluhan kepada 112 orang WBP.

Acara diawali dengan sambutan dari Mashuri Alwi selaku Kepala Bidang Pembinaan Narapidana. Dalam sambutannya, Mashuri menyampaikan tentang pentingnya menjaga kesehatan karena kesehatan itu mahal. Mashuri juga menghimbau warga binaan apabila ada sosialisasi kesehatan agar antusias mengikuti untuk menambah ilmu pengetahuan tentang kesehatan. Serta menghimbau warga agar bergaya hidup sehat.

Acara inti diisi oleh Wasor TB Dinas Kesehatan Kota Makassar, Ibu Sierly Natar yang menjelaskan tentang bahaya Tuberkulosis (TB) atau sering disebut TBC. Dalam penjelasannya menjelaskan bahwa Tuberkulosis (TB) yang juga dikenal dengan singkatan TBC, adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini ditularkan dari penderita TB aktif yang batuk dan mengeluarkan titik-titik kecil air liur dan terinhalasi oleh orang sehat yang tidak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini. 

Darman/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama