Lanud Adi Soemarmo Dukung Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca di Pulau Jawa


Lanud Adi Soemarmo Dukung Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca di Pulau Jawa 

Surakarta, Lanud Smo,Anekafakta.com

Pesawat C-212 dengan nomor registrasi A-2105 yang dipiloti oleh Kapten Pnb Faizal dari Lanud Adi Soemarmo turut mendukung kegiatan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang diinisiasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Operasi ini dilaksanakan secara serentak di beberapa kota besar di Pulau Jawa yaitu Malang, Solo dan Bandung. Sabtu (1/6/2024)

 TMC dijadwalkan berlangsung dari tanggal 31 Mei hingga 10 Juni 2024.Pelaksanaan TMC ini bertujuan untuk meningkatkan debit air waduk yang tersebar di seluruh Pulau Jawa. Dalam operasi tersebut, setiap lokasi  akan menerima penyebaran garam dengan estimasi total mencapai 16 ton. Penyebaran garam ini diharapkan dapat memicu hujan buatan yang nantinya akan menambah volume air di waduk-waduk yang ada. 

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya mitigasi kekeringan yang sering melanda wilayah tersebut. Pada hari ini, pesawat C-212 A-2105 telah berhasil melaksanakan dua sortie untuk menyebarkan garam di wilayah yang telah ditentukan. Setiap sortie dilaksanakan dengan koordinasi yang ketat antara pihak TNI Angkatan Udara dan tim teknis dari Kementerian PUPR untuk memastikan efektivitas penyebaran garam dan keselamatan operasi.

Dengan adanya operasi TMC ini diharapkan penambahan debit air waduk dapat terpenuhi sesuai target, sehingga kebutuhan air bagi pertanian, industri, dan kebutuhan sehari-hari masyarakat dapat terjaga dengan baik. (Pen Lanud Smo).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama