Dibuka Bupati Pacitan Ribuan Massa Gelar Aksi Bersih Pesisir Dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia



Dibuka Bupati Pacitan Ribuan Massa Gelar Aksi Bersih Pesisir Dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia


PACITAN,Anekafakta.com

Ribuan massa mengikuti aksi bersih-bersih sampah di Pantai Pancer Door Pacitan. Peserta aksi datang dari berbagai elemen masyarakat mulai dari unsur pemerintah, swasta, pelajar serta komunitas peduli lingkungan. Bahkan para peserta ada yang datang dari kabupaten tetangga.

Aksi Kolaborasi Bersih Pesisir Pantai Pancer Door dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 yang digelar Pemprov Jawa Timur bersama Pemkab Pacitan. Acara dibuka langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji di Pantai Pancer Door, Selasa (11/06).

Melalui aksi ini Mas Aji mengajak seluruh masyarakat Pacitan peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Persoalan sampah merupakan urusan bersama mulai hulu hingga hilir. Mengelola sampah sebisa mungkin dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga.

"Pengelolaan sampah ini yang paling penting di tingkat keluarga, jika semua sudah peduli, sadar, Insya Allah semakin ke hilir semakin mudah penanganan," terang Bupati.

Aksi bersih pesisir yang dilaksanakan di Pacitan ini merupakan bagian dari peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang digelar serentak. Selain itu juga sebagai upaya keterlibatan Indonesia menyongsong Net Zero Emission 2050 sesuai konvensi Paris. Aksi yang dilakukan diantaranya penanaman pohon di Kabupaten Banyuwangi dan bersih pesisir di Pacitan.

"Ini adalah kegiatan kolaborasi antara pemprov, pemda, badan usaha, dan elemen masyarakat," tegas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim Jempin Marbun.

Gerakan bersih pesisir dilaksanakan dengan melakukan pungut sampah di sepanjang pantai Pancer Door. Sampah selanjutnya dipilah sesuai jenisnya. Untuk sampah organik langsung ditimbun dan untuk anorganik dikumpulkan untuk dibawa ke TPS. Uniknya kelompok peserta yang berhasil mengumpulkan sampah anorganik terbanyak panitia memberikan hadiah dan doorprize.

Turut hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Pacitan, jajaran Dinas Lingkungan hidup Pemprov Jatim serta kepala Dinas Lingkungan Hidup se-Jawa Timur.

Reva/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama