Cegah Potensi Karhutla, Polsek Kenohan Lakukan Patroli Terpadu

Cegah Potensi Karhutla, Polsek Kenohan Lakukan Patroli Terpadu

KUKAR Anekafakta.com

Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), dilakukan oleh Polsek Kenohan bersama sejumlah instansi terkait. Yakni dengan melaksanakan Patroli Terpadu untuk pencegahan di wilayah Desa Teluk Bingkai dan Desa Lamin Pulut, Kecamatan Kenohan. Pada Jumat (21/6/2024), sejak pukul 14.00 WITA.

Kapolsek Kenohan Iptu Nelson Eddy Bojoh menuturkan patroli gabungan ini melibatkan berbagai elemen, termasuk Polsek Kenohan, Koramil Kenohan, Linmas Kecamatan Kenohan, Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Tuana Tuha, dan UPTD KPHP Sub DAS Belayan. 

Untuk mendukung kegiatan patroli, tim menggunakan dua unit mobil KPHP Sub DAS Belayan, peralatan pemadam kebakaran (Damkar), dan drone.

Tujuan dari patroli terpadu dan sosialisasi Karhutla ini, untuk mensosialisasikan dan memberikan imbauan kamtibmas kepada warga tentang aturan dan sanksi hukum bagi pembakar hutan dan lahan.

Selanjutnya mengimbau para petani dan pekebun agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Mendata dan memetakan daerah rawan Karhutla. Mencari dan mendata sumber air atau embung air untuk antisipasi jika terjadi Karhutla.

Kapolsek Kenohan berharap patroli terpadu ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

*Humas Res Kukar*

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama