Upacara Bendera secara khidmat bisa menumbuhkan Semangat Nasionalisme Siswa



Upacara Bendera secara khidmat bisa menumbuhkan Semangat Nasionalisme Siswa

Jakarta,Anekafakta.com

Bangsa yang tangguh dan siap menghadapi tantangan globalisasi adalah bangsa yang memiliki semangat nasionalisme yang kuat.

Sebab dengan perkembangan teknologi canggih di zaman metaverse ini tidak ada lagi hambatan yang mampu mencegah seseorang atau suatu bangsa untuk bisa melihat dengan mata telanjang bangsa-bangsa di dunia.

Karena tujuan dari gagasan globalisasi adalah merobohkan batas negara dan menawarkan "satu dunia" dalam genggaman "elit global".

Kita bangsa Indonesia harus memahami pentingnya perubahan tatanan dunia baru di masa depan. Bahkan, menurut Haji Andre Ketua Komite Sekolah SMAN 12 Jakarta Timur kepada anekafakta.com Senin (13/05/2024) di Jakarta mengatakan, "globalisasi seperti pisau bermata dua. Bila  memahami dengan tidak  cermat globalisasi bisa menjadi ancaman serius Bangsa Indonesia.", Ujar Haji Andre. 

Lebih lanjut Haji Andre mengatakan,"Oleh karenanya, kita harus memiliki solusi yang jitu agar bangsa Indonesia tidak tergerus globalisasi yaitu dengan cara yang paling mendasar adalah menyalakan api nasionalisme Bangsa Indonesia. Generasi muda kita harus dipahamkan sejarah Bangsa Indonesia yang benar.", ungkap Haji Andre.

Dalam penuturan lebih lanjut beliau mengungkapkan," nasionalisme merupakan benteng hidup Bangsa kita. Semakin kokoh jiwa nasionalismenya maka insyaallah Bangsa Indonesia akan mampu eksis dalam percaturan global. Begitu juga sebaliknya bila jiwa nasionalismenya padam maka akan redup juga eksistensi bangsa Indonesia di dunia. Para Bapak Bangsa sudah membuktikan dengan contoh nyata. Bahwa Semangat juang yang tidak mengenal kata menyerah telah menghantarkan Bangsa kita merdeka", tutur Haji Andre.

"Nah cara yang sangat sederhana yang sudah menjadi kegiatan rutin kita di sekolah adalah selalu menyelenggarakan Upacara Bendera. Kegiatan ini bila dilaksanakan dengan khidmat insyaallah akan menumbuhkan kembangkan semangat nasionalisme siswa yang notebene adalah generasi bangsa masa depan", tutup Haji Andre.

Reporter Solehudin

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama