Safety Briefing Kepada Peserta Latsitarda Nusantara Ke-44 Di KRI Banjarmasin-592



Safety Briefing Kepada Peserta Latsitarda Nusantara Ke-44 Di KRI Banjarmasin-592 

Berita Kolinlamil TNI AL,Anekafakta.com

Kegiatan Latsitardanus Ke XLIV Tahun 2024 telah memasuki hari ketiga dengan materi pembelajaran mengenai safety briefing. Kegiatan safety briefing dilakukan sebagai bagian dari Tahap Lintas Laut (Linla) yang termasuk dalam latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus XLIV Tahun 2024) kepada peserta Latsitardanus bertempat di Geladak Helly KRI Banjarmasin-592 (KRI BJM-592) Kamis (2/5) kemarin. 

Bertindak sebagai pemateri, Letda Laut (P) Fernanda Rizki dengan tegas memaparkan protokol keselamatan kepada seluruh peserta. Materi yang disampaikan Safety Briefing dimulai dengan menyampaikan pentingnya keselamatan sebagai prioritas utama dalam setiap aktivitas. Pemateri menyoroti pentingnya kedisiplinan, komunikasi yang efektif, dan kerjasama tim untuk mencegah kecelakaan dan meminimalkan risiko selama Onboard di kapal. Secara rinci pemateri menjelaskan prosedur evakuasi, Jalur evakuasi dan tindakan darurat yang harus diikuti oleh setiap peserta dalam situasi kedaruratan. Protokol ini mencakup penggunaan peralatan pelindung diri, prosedur penanggulangan kebakaran serta langkah-langkah dalam menyelamatkan diri dalam kedaruratan.

Latsitarda merupakan kegiatan integrasi yang dilaksanakan setahun sekali pada akhir pendidikan oleh taruna tingkat IV atau tingkat akhir Taruna Akmil, Taruna AAL, Taruna AAU, Taruna AKPOL, Praja IPDN, dan Taruna Poltek Siber serta Mahasiswa Unhan RI dan Sandi Negara (SSN). Sebelum mereka dilantik menjadi seorang Perwira TNI dan Polri oleh Presiden Republik Indonesia. Sementara itu Komandan KRI Banjarmasin-592, Kolonel Laut (P) Yohanes Berchmans Cahyono H. S.E., M.Sos., yang dipercaya membawa para Taruna AAL Angkatan 69 yang tergabung dalam Satuan Latihan (Satlat) HIU AAL dalam Latsitardanus XLIV Tahun 2024 tersebut menyampaikan bahwa materi prosedur evakuasi, jalur evakuasi dan tindakan darurat ini harus diikuti dan dipaedomani oleh setiap peserta dalam situasi kedaruratan. Protokol ini mencakup penggunaan peralatan pelindung diri, prosedur penanggulangan kebakaran, serta langkah-langkah dalam menyelamatkan diri dalam Kedaruratan.

"Keselamatan adalah tanggung jawab bersama. Kita harus selalu siap dan waspada dalam menghadapi segala situasi dan kondisi yang sewaktu-waktu terjadi. Hanya dengan bekerja sama dan mematuhi aturan keselamatan, kita dapat menjaga keamanan diri kita dan rekan satu tim," ungkap Komandan KRI dengan tegas kepada Peserta Latsitardanus XLIV Tahun 2024.

Dengan selesainya kegiatan safety briefing ini, diharapakan masing-masing peserta Latsitardanus XLIV dapat menjalani kegiatan selama Onboard di kapal dengan rasa aman dan percaya diri serta sadar akan pentingnya keselamatan dalam setiap langkah yang diambil. KRI Banjarmasin-592 siap untuk melaksanakan tugasnya dengan profesionalisme dan keamanan yang terjamin. (Dispen Kolinlamil)

      
#tni_prima
#kasal
#tni_angkatan_laut 
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama