Kopdar Ke III Pelaku UMKM Digelar Di MOIZ TRADE CENTER Tanah Abang Jakarta Pusat



Kopdar Ke III Pelaku UMKM Digelar Di MOIZ TRADE CENTER Tanah Abang Jakarta Pusat

JAKARTA,- Anekafakta.com 

Tergerak oleh banyaknya keluhan konveksi dan pedagang UMKM yang ditangkap oleh seorang usahawan, Dr. Masline Nababan, SE, MA, menjadi latar belakang dia mendirikan komunitas konveksi dan pedagang UMKM seluruh Indonesia.

Bertempat di MOIZ TRADE Center Tanah Abang Jakarta Pusat, Sabtu (11/05/2024). diadakan Kopdar Ketiga antara Konveksi dan Pedagang UMKM atas undangan BPK Dede Owner MOIZ TRADE CENTER dengan tema: "UMKM Bangkit Bersama Kita Bisa."






Sebagai fasilitator dan penggagas, Masline mengaku menerima banyak keluhan konveksi dan pedagang UMKM yang usahanya merosot karena dampak pandemi Covid-19 dan toko-toko online beberapa tahun yang lalu.

"Tujuan saya mendirikan komunitas ini adalah membangkitkan ekonomi konveksi dan pedagang UMKM. Menurutnya bertemunya para pelaku UMKM, Pedagang, dan konveksi, maka akan didapat harga yang terbaik. Karena langsung dari tangan pertama," terang Masline. 

Dikatakannya "Mimpi saya yang sederhana tapi membawa dampak yang luar biasa. Mempertemukan konveksi dengan pedagang UMKM sehingga bisa didapatkan harga yang terbaik. Selama ini pedagang UMKM mendapatkan barang dari tangan kedua dan
 ketiga sehingga harganya mahal," lanjutnya.  




Wanita yang berpengalaman dalam bisnis fashion dan impor ini juga mengatakan bahwa acara kopdar ke III hari ini adalah murni bisnis, tanpa kepentingan politik dan yang lainnya saling membagi ilmu, dan berbagi pengalaman.


Dihadiri oleh ratusan para pemilik Garmen, dan Konveksi acara yang di Pandu oleh MC.Kondang "Nuril STAND UP Komedy dihadiri dari beberapa daerah Indonesia seperti.  Kalimantan, Semarang, Majalengka, Bogor, Bandung, Medan, Papua, Sumedang, Ponorogo, Tuban, Pekalongan, Pangkal Pinang, Karawang, dan Bandar Lampung Masline memberi 
Kiat kiat agar usaha nya dapat berkembang dan sukses, diawal sambutanya ia katakan kuncinya yakni perbaiki media sosial kita dari sekarang, ungkap Masline.


Ditegaskanya juga ia akan bertanggung jawab meng update, dan memberikan informasi informasi terkini yang dibutuhkan para peserta hari ini, sambil memperkenalkan website nya yakni https://www.alin.co.id Yang dimana nantinya bisa menciptakan kemajuan usaha dalam era Globalisasi,  Terutama yang Konveksi, sehingga bisa merekomendasikan, Produk apa yang akan di Endorse dan dijual, website ini Persis seperti Ali baba Konsepnya. Ada Alamat serta Nomor Tlpn Lengkap, semua yang mau berdagang boleh berdagang di sana...namun balik lagi seleksi alam, kalau memang barang itu bagus dan murah pasti customer akan  beli inti konsepnya bisnis to bisnis. 


*Mengapa Kopdar UMKM  ke III ini diadakan di MOIZE TRADE  CENTER..?!*

Bpk.Dede Selaku Owner MOIZ TRADE CENTER kepada Anekafakta.com menjelaskan, dirinya melihat potensi pelaku UMKM di negara kita yang kian menjamur membuatnya ingin ikut ambil bagian dalam membantu mereka. Terutama bagi pelaku UMKM yang belum sepenuhnya disentuh oleh program pemerintah.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam perekonomian Indonesia, usaha Mikro, kecil, dan Menengah atau UMKM adalah kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar. Selain itu kelompok ini terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan  krisis ekonomi, artinya UMKM memiliki peranan penting bagi perekonomian.
Maka dari itu sudah menjadi keharusan untuk melakukan penguatan kelompok Usaha Mikro kecil dan menengah yang melibatkan banyak kelompok ini untuk sama-sama saling berbagi Ilmu, agar kemakmuran mereka mereka dapat meningkat.


Beranjak dari situ dirinya sengaja mengundang para pelaku UMKM Yang sudah tergabung dan di Koordinir oleh Ibu Masline, agar hari ini bisa mengadakan Kopdar, tutur Pria murah senyum ini.    Lebih lanjut Bpk.Dede katakan setelah efek pandemi masih ada efek domino yang dimana mengakibatkan ekonomi agak slow down namun setiap waktu dan setiap saat, masih ada kesempatan yang dari kita sendiri ya harus tetap bisa mengikuti tren perkembangan zaman seperti contohnya,  penggunaan medsos yang dapat mengembangkan usaha kita dalam menjaring para konsumen tentunya.

Yang ia suka dan tertarik dari perkumpulan atau komunitas yang di bangun Ibu Masline adalah, bisa merangkul tangan pertama atau produser yang dibutuhkan.


Dengan adanya kopdar ini menurutnya sangat menjanjikan untuk usaha kita ke depan karena mereka bisa saling kenal antara pedagang dengan pemilik konveksi secara langsung, yang pasti akan dapat memperoleh harga yang sangat murah bagi pedagang.  

Kumpul pedagang UMKM terutama lebih ke arah konveksi, lalu kemudian ada juga yang mau berdagang baju impor.






Lebih jauh BPK Dede katakan, pergerakan ekonomi UMKM di Indonesia sangatlah bagus kemudian dikatakannya mereka seharusnya memiliki toko di Tanah Abang,  saya juga sama dulu memiliki toko namun saat itu harga saya ditekan, berawal dari itu saya mengundang mereka-mereka hari ini para pelaku usaha UMKM terutama yang bergerak di bidang konveksi. Dikatakannya lagi sudah ada 60 unit yang tersewa murah bagi mereka, kemungkinan minggu depan akan bergabung para pedagang dari Pasar Senen dan Pasar Baru.

Harapan kita bisa buka bersama-sama, maka akan terbentuklah pasar yang dimana harga murah, akan tetapi kwalitas tentunya tidaklah mengecewakan pungkasnya.

(D.Wahyudi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama