Kegiatan Pramuka Sangat Membantu Menempa Jiwa Leadership Siswa



Kegiatan Pramuka Sangat Membantu Menempa Jiwa Leadership Siswa

Jakarta,Anekafakta.com

Kita patut menyayangkan kegiatan Pramuka dihapuskan sebagai ekskul yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran Kurikulum Merdeka.

Padahal kegiatan Pramuka dalam sejarahnya merupakan kegiatan yang sangat berdampak sangat positif bagi perkembangan jiwa leadership siswa.

Dari pengalaman yang pernah kita terima zaman baheula, kegiatan Pramuka mengajarkan jiwa mandiri, leadership dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Tentu kegiatan Pramuka masih sangat relevan buat siswa/i dalam mengembangkan bakat dan minatnya terutama dalam mematangkan jiwa kepemimpinan siswa.

Di sekolah juga ada organisasi Siwa intra Sekolah (OSIS) sebagai wadah untuk menggembleng dan mempraktikkan kepemimpinan siswa. Bila keduanya dipadukan maka akan tercipta pola kaderisasi pemimpin Bangsa sejak usia dini.

Haji Andre Ketua Komite Sekolah SMAN 12 Jakarta Timur mengungkapkan pendapatnya kepada anekafakta.com Jum'at (10/05/2024) di Jakarta.

Menurut Haji Andre, sebagai Bangsa yang besar, Indonesia harus memperhatikan kaderisasi pemimpin Bangsa. Sebab hal ini memang sangat dibutuhkan oleh Bangsa Indonesia baik di masa kini maupun di masa depan. 

Dengan menyiapkan pemimpin sejak usia dini maka Bangsa Indonesia akan memiliki generasi Bangsa yang siap menyongsong masa depan. Dan itu artinya Bangsa Indonesia siap bersaing dan berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Ujar Haji Andre.

Reporter Solehudin

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama