Sudin Kebudayaan Jaksel Tampilkan Seni Betawi Di Kegiatan Pawai Obor Karang Taruna RW. 04 Kel. Ulujami Menyambut Ramadan 1445 H



Sudin Kebudayaan Jaksel Tampilkan Seni Betawi Di Kegiatan Pawai Obor Karang Taruna RW. 04 Kel. Ulujami Menyambut Ramadan 1445 H

Jakarta,Anekafakta.com

"Saya melihat langsung bahwa tradisi pawai obor pada masyarakat Ulujami masih sangat kental dan penuh semangat, maka saya kira seluruh stakeholder bisa berkolaborasi untuk mempertahankan dan melestarikan  kegiatan ini. Adapun kegiatan saat ini adalah untuk memperingati masuknya bulan Ramadan Tahun 2024/1445," ungkap Achmad Surya selaku Kepala Satuan Pelaksana Kebudayaan (Kasatlak) Kec. Pesanggrahan Kota Adm Jakarta Selatan disela kegiatan Pawai Obor Karang Taruna RW. 04 Kel. Ulujami pada Sabtu, 9 Maret 2024 di Taman Yudhistira Jalan Rajai RW. 04 Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.






Kegiatan tersebut kali ini sebelum melakukan pawai obor keliling, masyarakat dihibur dengan atraksi kesenian Betawi dukungan Sudin Kebudayaan Jakarta Selatan dengan menampilkan sanggar seni binaannya dan dihadiri langsung oleh Achmad Surya selaku Kasatlak Kebudayaan Kec. Pesanggrahan, Soeroto Bhabinkamtibmas Kel. Ulujami, Sugie Bhabinsa Kel. Ulujami, Mamih dan Wahyu FKDM Kel. Ulujami, Hamdani Satpol PP Kel. Ulujami, Dafa Ketua Karang Taruna Kel. Ulujami serta tokoh masyarakat lainnya. 






Dijelaskannya bahwa kegiatan pawai obor ini diharapkan bisa memeriahkan hari besar Islam lain dan juga bisa menciptakan tali silaturahmi antar sesama manusia. Kini, pawai obor sudah menjadi sebagai bagian identitas budaya Islam dan telah menjadi keyakinan untuk menyambut hari besar Islam. Mengingat tradisi pawai obor ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk memperingati hari-hari besar Islam, dengan mengadakan tradisi ini bisa mempererat hubungan antar sesama manusia dan menjalankan kebersamaan. 

"Dengan mengadakan momen tersebut diharapkan menjadikan cerminan ketaqwaan umat muslim khususnya warga Ulujami," jelasnya.

Senada dengan itu, Putra Muhamad Achsya selaku panitia kegiatan "Pawai Obor" dan sekaligus Ketua Karang Taruna RW 04 Kel. Ulujami Kec. Pesanggrahan Kota Adm Jakarta Selatan menegaskan bahwa Karang Taruna RW. 04 Kel. Ulujami mengucapkan terima kasih banyak kepada semua elemen masyarakat yang ikut partisipasi dalam kegiatan pawai obor menyambut bulan suci Ramadhan. Terutama kepada Sudin Kebudayaan Jakarta Selatan, Kampung Budaya Silat Beksi, Beksi Muhammad Soleh Tarbiyyatul Ihsan, Kaleangke54, para donatur dan warga RW. 04 dan Ulujami yang telah menyukseskan acara ini.






"Semoga kedepannya acara ini menjadi ajang silaturahmi dan budaya yang baik untuk semua elemen masyarakat yang ada di wilayah Ulujami," tegasnya.

Azis/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama