Satgas Trisila Tahun 2024 Tiba di Lanal Lampung




Satgas Trisila Tahun 2024 Tiba di Lanal Lampung

TNI Angkatan Laut, Koarmada RI, Jakarta,Anekafakta.com

Satuan Tugas (Satgas) Trisila Koarmada RI Tahun 2024, yang dipimpin oleh Komandan Satgas Laksamana Pertama TNI Toni Herdianto, dalam pelayarannya menggunakan KRI Celukan Bawang-532, pagi ini tiba di Dermaga Pantai Chakra, Lanal Lampung, Minggu 2 Maret 2024.

Dalam kesempatan tersebut, kedatangan Satgas Trisila di Lanal Lampung, disambut hangat dengan pengalungan selendang tapis dan tarian sigeh pengunten. Turut hadir pada acara penyambutan tersebut, Komandan Lanal Lampung Kolonel Laut ( P) Dwi Atmojo, segenap pejabat Lanal Lampung dan Forkopimda Lampung. Selain itu juga dihadiri, Saka Bahari Binaan Lanal Lampung, SMK Negri 6 Bandar Lampung, SMA PGRI Katibung Lampung Selatan, SMK Negri I Kalianda dan SMA Negri I Kalianda.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Satgas Laksamana Pertama TNI Toni Herdianto dalam sambutannya mengucapkan, "Terima kasih, karena telah disambut dengan hangat oleh Komandan Lanal Lampung beserta Staf, Forkopimda Lampung dan para generasi muda Lampung".

Selama sandar di Lanal Lampung, KRI Celukan Bawang-532 juga melaksanakan Open Ship, guna memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa mengenali lebih dekat kapal perang yang dimiliki Angkatan Laut dan Alat Utama Sistem Senjata Terpadu (Alutsista) yang tergabung dalam Satgas Trisila Koarmada RI Tahun 2024. Disamping itu, menurut rencana, besok juga akan melaksanakan kerja bakti bersih pantai bersama prajurit Lanal Lampung di pantai Klara Lampung.

Sejumlah Alutsista yang diterjunkan selama melaksanakan Satgas Trisila, yaitu KRI, tank dan kendaraan amfibi Korps Marinir, serta pesawat udara heli dan fix wing dari Puspenerbal. Sedangkan KRI yang tergabung dalam Satgas Trisila, yaitu KRI Teluk Celukan Bawang-532, KRI Kerambit-627, KRI Cucut-866, KRI Cakalang-852, KRI Parang-647, 1 Kompi Pasmar 1 Jakarta, 1 Hely Phanter, 1 Pesawat Cassa dan 1 Pesawat CN 235. Selain Open Ship, saat singggah di pangkalan akan melaksanakan pembinaan potensi maritim dengan bakti sosial dan karya bakti bersama-sama Pangkalan TNI AL yang disinggahi.

Operasi Trisila 2024 mempunyai tugas pokok untuk menegakkan hukum dan menjamin keamanan, membina kemampuan unsur-unsur SSAT dan membina potensi maritim di pangkalan yang akan disinggahi.
Selama pelayaran Satgas Trisila akan melaksanakan operasi, sekaligus melaksanakan latihan untuk meningkatkan kemampuan profesionalitas prajurit, seperti peran tempur melewati medan ranjau, peran bahaya permukaan, peran bahaya serangan udara dan pendaratan amfibi.

Demikian berita Dispen Koarmada RI.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama