Rangkaian Upacara Tawur Agung Kesanga, Kapolsek Nusa Penida Pimpin Pengamanan Melasti Kecamatan Nusa Penida.



Rangkaian Upacara Tawur Agung Kesanga, Kapolsek Nusa Penida Pimpin Pengamanan Melasti Kecamatan Nusa Penida.

Polda Bali - Polres Klungkung,Anekafakta.com

Polsek Nusa Penida, Jumat, (08/03/2024) Dalam Agama Hindu, upacara melasti merupakan rangkaian dari hari raya Nyepi. 

Upacara melasti juga dikenal dengan sebutan melis atau mekiyis. Pelaksanaannya dilaksanakan sebelum tawur kesanga, tujuannya guna memohon kesejahteraan alam dan lingkungan menjelang pergantian Tahun Saka. Sebagai wujud pelayanan Polsek Nusa Penida Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta,S.Sos terjun langsung memimpin pengamanan giat melasti warga Nusa Penida bersama dengan anggota yang tersprin.

Kegiatan melasti ini dilaksanakan dalam rangka menjelang tawur agung kesanga dan hari raya Nyepi tahun Caka 1946.  "Kami lakukan pengamanan secara terpadu, sehingga seluruh rangkain kegiatan berjalan dengan aman dan lancar," ucap Kapolsek Nusa Penida. 

Beliau juga menambahkan dalam melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat harus tetap bersinergi dengan petugas keamanan lainnya, seperti yang dilakukan personil Polsek Nusa Penida yang bersinergi dengan Babinsa dan Pecalang Adat dalam pengamanan melasti. Hal itu sesuai tugas pokok Polri sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat. "Wujud sinergitas bersama TNI dan pecalang adat tentunya dapat menjalin komunikasi yang baik sehingga kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan aman dan lancar," Ucap Kompol Ida Bagus Putra Sumerta,S.Sos.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama