IKN dalam Pandangan Orang Muda Kalimantan



IKN dalam Pandangan Orang Muda Kalimantan

Oleh Fahrian Eko Santosa, Orang Muda Kalimantan

Sebagai Orang Kalimantan kita patut berterimakasih Kepada Bapak Presiden Haji Ir Joko Widodo yang telah berani mengambil keputusan penting khususnya bagi masa depan Kalimantan dan umumnya untuk seluruh Bangsa Indonesia. Pasalnya, Pak Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia sangat berani memindahkan Ibukota Negara dari Jakarta ke Kalimantan. Sebuah tindakan yang mungkin saja kita tidak prediksi sebelumnya.

Namun hari ini, Ibukota Negara Nusantara (IKN) telah menjadi sebuah fakta yang nyata. IKN sudah menjadi icon kemajuan masa depan Bangsa Indonesia. Tentu saja, IKN akan menjadi pintu gerbang kemajuan khususnya bagi masa depan Kalimantan itu sendiri. 

Perpindahan Ibukota ke IKN bukan sekedar perpindahan masalah atau menghindari masalah di DKI Jakarta yang sangat rumit. Sebab, Jakarta sebagai Ibukota Negara tidak lagi memadai untuk mengembangannya di masa depan. Hal inilah yang juga harus diantisipasi oleh para pengambil kebijakan agar masalah serupa tidak terulang di IKN.

Perpindahan Ibukota Negara ke IKN harus dimaknai sebagai tonggak baru Bangsa Indonesia sebagai Bangsa Maju, Bangsa Besar dan Bangsa yang siap menjadi Pemimpin Dunia. Bagi Penulis, menjadi tonggak baru kemajuan bangsa baik secara simbolik dan secara maknawi sangat penting bagi kita sebagai orang muda Kalimantan agar tidak gagal paham atau terjebak pada euforia tentang akan gemerlapnya Kalimantan.

Kalimantan bukan hanya sekedar Pulau yang berada dalam naungan NKRI tapi di Pulau Kalimantan juga ada dua negara yang sudah menjadi tetangga kita. Yaitu Kerajaan Brunai Darussalam dan Malaysia. Kita berharap pemerintah harus matang dalam berhitung terutama penyiapan SDM orang Kalimantan sendiri agar tidak gagap memasuki zaman baru sebagai "orang kota". Sebab konsekuensi dari status Ibukota Negara Nusantara (IKN) sudah sangat pasti akan sangat berpengaruh bagi akselarasi pembangunan di segala sektor di seluruh pulau Kalimantan.

Kami orang muda Kalimantan tidak mau hanya sekedar menjadi objek pembangunan semata namun kami meminta kepada pemerintah harus menjadikan rakyat Kalimantan sebagai subjek penting pembangunan dan kemajuan Kalimantan itu sendiri. Sehingga perpindahan Ibukota Negara Nusantara (IKN) menjadi berkah bagi rakyat Kalimantan dan merupakan tonggak baru bagi tegaknya Pancasila secara substantif.

*Harapan Kepada Pak Prabowo Gibran*

Sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada pilpres 2024 kami berharap kepada Pak Prabowo dan Mas Gibran agar pembangunan IKN menjadi prioritas utama dan penting dalam keberlanjutan pembangunan. Sehingga apa yang menjadi impian dan cita-cita besar Pak Jokowi agar terjadi distribusi pembangunan yang merata di seluruh Indonesia benar-benar bisa terwujud.

Sebagai orang muda Kalimantan, Penulis memandang bahwa IKN merupakan simbol yang harus didukung total dari semua aspek. Baik aspek pembangunan fisiknya, Supra strukturnya dan semua perangkat pendukungnya sebagai Ibukota Negara Nusantara yang menggambarkan kebesaran dan kemajuan Bangsa Indonesia. Oleh karenanya tidak berlebihan bila penulis tegaskan kembali meminta kepada Presiden RI terpilih Bapak Haji Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI terpilih Mas Gibran Rakabuming Raka agar IKN menjadi prioritas utama setelah dilantik secara resmi. Salam Pancasila. jayalah Indonesia kita.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama