"Perlawanan" ANIES MUHAIMIN dalam Persepektif Budaya
Oleh Mang Apep, Penggiat Budaya Taruma Bekasi
Jagra Angkara Winangun;
_Sudira marjayeng westhi;_
_Puwara kasub kawasa;_
_Sastraning jro Wedha muni;_
_Sura dira jayaningrat;_
_Lebur dening Pangastuti._
Arti dari tembang Kinanthi di atas lebih kurang memvisualisasikan mengenai seorang yang mempunyai kekuasaan besar yang menyebabkan lupa diri. Ia coba memaksa kehendak kepada siapa saja. Tetapi pada akhirnya sikap angkara murka itu jadi luntur saat ditemui dengan tersenyum, kalimat yang santun dan sikap yang penuh kehalusan
Adalah karya dari Ki Ronggowarsito, seorang pujangga populer dari Kraton Surakarta Solo yang hidup pada 1802-1873.
Ada juga yang mengatakan Ki Ronggowarsito menyadur kinanthi ini dari Sunan Kalijaga.
Sedangkan dalam tembang Uga Siliwangi dikatakan :
_Engké bakal réa nu kapanggih, sabagian-sabagian. Sabab kaburu dilarang ku nu disebut Raja Panyelang! Aya nu wani ngoréhan terus terus, teu ngahiding ka panglarang; ngoréhan bari ngalawan, ngalawan sabari seuri. Nyaéta budak angon; imahna di birit leuwi, pantona batu satangtungeun, kahieuman ku handeuleum, karimbunan ku hanjuang. Ari ngangonna? Lain kebo lain embé, lain méong lain banténg, tapi kalakay jeung tutunggul. Inyana jongjon ngorehan, ngumpulkeun anu kapanggih. Sabagian disumputkeun, sabab acan wayah ngalalakonkeun. Engke mun geus wayah jeung mangsana, baris loba nu kabuka jeung raréang ménta dilalakonkeun. Tapi, mudu ngalaman loba lalakon, anggeus nyorang: undur jaman datang jaman, saban jaman mawa lalakon. Lilana saban jaman, sarua jeung waktuna nyukma, ngusumah jeung nitis, laju nitis dipindah sukma._
Artinya : Suatu saat nanti akan banyak hal yang ditemui, sebagian-sebagian. Sebab terlanjur dilarang oleh Pemimpin Pengganti. Ada yang berani menelusuri terus menerus, tidak mengindahkan larangan, mencari sambil melawan, melawan sambil tertawa. Dialah Anak Gembala. Rumahnya di belakang sungai, pintunya setinggi batu, tertutupi pohon handeuleum dan hanjuang. Apa yang dia gembalakan? Bukan kerbau bukan domba, bukan pula harimau ataupun banteng. Tetapi ranting daun kering dan sisa potongan pohon. Dia terus mencari, mengumpulkan semua yang dia temui. Tapi akan menemui banyak sejarah/kejadian, selesai jaman yang satu datang lagi satu jaman yang jadi sejarah/kejadian baru, setiap jaman membuat sejarah. setiap waktu akan berulang itu dan itu lagi.
Dua tembang tadi sangat menggambarkan perjuangan politik rakyat Indonesia saat ini. Momentum Pilpres tahun 2024 dimana Paslon AMIN mengalami banyak hambatan, pembatalan tempat acara sepihak dst dari pemegang wewenang.
Namun semangat perlawanan yang ditunjukkan dengan berani oleh Paslon AMIN akhirnya semua hambatan dan halangan itu sedikit demi sedikit luntur dan hancur.
Paslon AMIN dengan semangat yang membara terus berkeliling Indonesia sambil ngumpulin data dan berani mendengar kritik dalam debat "desak Anies" dan "Slepet Imin" merupakan uji Visi dan Missi secara terbuka dan objektif.
Kedua tembang tadi merupakan Waskita dari leluhur kita bahwa kelicikan dan kepicikan cukup Lawan dengan SENYUMAN.
Dan ANIES IMIN sudah melakukannya. Insyaallah Menang. Amin.
Posting Komentar