Maknai HPSN 2024, DLH Kabupaten Bogor Ajak Masyarakat Ikut Partisipasi Kurangi Sampah dari Sumbernya



Maknai HPSN 2024, DLH Kabupaten Bogor Ajak Masyarakat Ikut Partisipasi Kurangi Sampah dari Sumbernya

Kab Bogor,Anekafakta.com

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN Tahun 2024), DLH Kabupaten Bogor melalui Bidang Pengelolaan sampah mengajak masyarakat dapat lebih pro aktif untuk lebih menjaga lingkungan dengan mulai menjalankan kebiasaan mengurangi volume sampah dari rumah/sumber.

"Dengan momen Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bogor untuk terus peduli dan aktif menjaga lingkungan dalam bentuk pengurangan sampah dari sumber," ungkap Ismambar Fadli selaku Kabid PS DLH Kabupaten Bogor kepada media ini, Rabu (21/2).

Dapat mulai bijak memisahkan jenis sampah, baik yang organik dan non organik, serta memilah yang masih bernilai ekonomis dengan residu dari sumber, merupakan hal bijak yang bisa menjadi salah satu program terbaik dalam pengurangan sampah.

"Dengan memilah sampah dari rumah agar mudah dimanfaatkan kembali dan masih memiliki nilai ekonomis menjadi program terbaik yang dapat mulai dijadikan kebiasaan oleh masyarakat sebagai bentuk dukungan menghadirkan lingkungan yang baik," ungkap dia.

"Langkah tercepat pelestarian lingkungan adalah dengan memulai dari diri sendiri," tegasnya.

Adapun imbauan dan harapan yang disampaikan oleh Fadli merupakan wujud sinergi dan kolaborasi yang positif dari unsur masyarakat dengan Dinas Lingkungan Hidup. Selain itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Bogor itu juga terus menjalankan setiap program-program pengurangan dan pengelolaan, hingga penanganan sampah guna menekan makin tingginya volume residu sampah.

"Program 3R, Bank Sampah, Budidaya Maggot untuk mengurangi sampah organik, hingga Kampung Ramah Lingkungan (KRL) tetap konsisten kami DLH Kabupaten Bogor jalankan untuk lebih menekan volume residu yang telah mencapai hingga 2,900 Ton/Hari ke TPA Galuga. Dan skali lagi, kami sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi masyarakat untuk lebih memaksimalkan program yang telah berjalan tersebut melalui pengurangan dari sumber," tutupnya. 

Wahab/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama