Kepala Lapas IIA Parepare Mengikuti Upacara Hari Bhakti Imigrasi Ke - 74 Tahun 2024 Dilanjutkan Dengan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas Tahun 2024 Di Lapas IIA Palopo



Kepala Lapas IIA Parepare Mengikuti Upacara Hari Bhakti Imigrasi Ke - 74 Tahun 2024 Dilanjutkan Dengan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas Tahun 2024 Di Lapas IIA Palopo

Palopo,Anekafakta.com

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH beserta Pejabat Struktural Eselon IVA, VA dan staf serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Lapas IIA Parepare hadir mengikuti Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-74 Tahun 2024 yang dipusatkan di Lapas IIA Palopo, Jumat, 26 Januari 2024. Adapun dasar pelaksanaan Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Sulawesi Selatan Nomor :  W23.GR.06.01-23 tanggal                                            16 Januari 2024 Perihal  :  Undangan Upacara Hari Bhakti Imigrasi Ke -74.





Upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-74 Tahun 2024 kali ini mengusung tema "Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi".

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si dan sekaligus membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI Yasona H. Laoly. Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa upacara yang dilakukan merupakan momentum istimewa karena dapat merayakan pencapaian, dedikasi dan komitmen yang telah membentuk perjalanan panjang Direktorat Jenderal Imigrasi dalam mengawal dan mengisi pembangunan Indonesia. Juga memberikan apresiasi tinggi terhadap capaian Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjenim) selama 74 tahun.
Capaian tersebut mencakup peningkatan layanan kepada masyarakat, pengembangan teknologi terkini, serta percepatan dan penyederhanaan dalam proses keimigrasian. Pj. Gubernur Sulsel menutup sambutannya dengan pesan kepada seluruh jajaran imigrasi untuk tetap memegang teguh prinsip dan tata nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif) serta berAKHLAK dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Kegiatan upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-74 Tahun 2024 ini dihadiri langsung  antara lain Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si
(PJ Gubernur Sulawesi Selatan), Liberty Sitinjak (Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan),  Asrul Sani SH., M.Si.(PJ. Walikota palopo), Indah Putri Indriani (Bupati Luwu Utara), Ir. Bahri Suli
(Sekda lutim Mewakili Bupati Luwu Timur), Dr. Hj. Nurhaenih, S.Kp., M.Kes (Ketua DPRD Kota Palopo), Tomi S,H (Ketua pengadilan agama Palopo), Suwarni Wahab, S.H., M.H (Kasi datum Kejari Palopo), Letkol Arm Kabid Bintoro P, S.I.P. (Dandim 1403/Palopo), AKBP Safi'i Nafsikin, S.H., S.I.K., M.H (Kapolres Palopo), Pimpinan Tinggi Pratama pada Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan, 34 Kepala UPT Pemasyarakatan, Imigrasi dan BHP dilingkungan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan beserta jajarannya, Ketua Dharma Wanita Persatuan dilingkungan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Syukuran Hari Bhakti Imigrasi Ke-74 Tahun 2024 dan penandatanganan Perjanjian Kinerja Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas Tahun 2024 oleh Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan. Dasar pelaksanaan Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Sulawesi Selatan Nomor : W.23 - PR.01.03 - 05 tanggal 11 Januari 2024 Perihal : Undangan Kegiatan Penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas dan Dokumen Perjanjian Kinerja TA 2024.
Pelaksanaan Penandatanganan : 1. Pakta Integritas oleh Kepala Kantor Wilayah, 
2. Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas oleh para Kepala Divisi disaksikan Kepala Kantor Wilayah,
3. Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas oleh para Kepala Unit Pelaksana Teknis disaksikan oleh Para Kepala Divisi dan Kepala Kantor Wilayah,
4. Penandatanganan Dokumen Perjanjian Kinerja oleh para Kepala Unit Pelaksana Teknis disaksikan oleh Para Kepala Divisi dan Kepala Kantor Wilayah.

Kepala Kantor Wilayah Liberti  Sitinjak dalam keterangannya menyampaikan, Reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukaan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional.

Untuk itu, perlu secara kongkret dilaksanakan program reformasi birokrasi pada unit kerja melalui upaya pembangunan Zona Integritas(ZI).
Dimana Zona Integritas merupakan role model Reformasi Birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas.

Dengan adanya momentum Penandatanganan Perjanjian Kinerja dan Komitmen Bersama pemangunan ZI hari ini dapat menjadi wujud komitmen dalam upaya penguatan akuntabilitas kinerja dan kemajuan Reformasi Birokrasi dalam mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel serta berorientasi pada hasil.

Liberti Sitinjak berharap dokumen yang baru saja ditandatangani oleh Pimpinan unit Pelaksana teknis dilakukan secara sadar, jujur dan penuh ketulusan karena dorongan kewajiban dan tanggungjawab untuk mendahulukan kepengtingan bangsa dan negara dengan menghindari perbuatan – perbuatan yang dikategorikan sebagai korupsi, kolusi dan nepotisme.

Dan mudah – mudahan para pimpinan unit pelaksana teknis ini dapat menjadi contoh dan teladan bagi para pejabat dan seluruh jajarannya agar tugas dan tanggungjawab yang dikerjakan searah dan satu tujuan dalam membangun Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan.

"Semoga apa yang kita perjuangkan bersama dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, sekaligus menjadi jaminan bagi terwujudnya pemerintahan yang baik dan akuntabel," harap Kakanwil

Terakhir Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare mengucapkan Selamat Hari Bhakti Imigrasi ke-74 Tahun 2024 semoga Imigrasi semakin baik dan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar untuk kemajuan dan kesejahteranan bangsa.

Darman/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama