Penutupan Latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Koarmada RI Tahun 2023



Penutupan Latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Koarmada RI Tahun 2023

TNI Angkatan Laut, Koarmada RI,

Anekafakta.com,Jakarta

Latihan Pencarian dan Penyelamatan (Search and Rescue/SAR) Laut Koarmada RI TA. 2023 merupakan Latihan yang dilaksanakan dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan kesiapsiagaan operasional unsur-unsur Koarmada RI dan keterpaduan antar instansi terkait serta menguji doktrin dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan (Search and Rescue /SAR) di laut.

Latihan yang dimulai dari tanggal 23 November 2023 tersebut resmi ditutup pada tanggal 7 Desember 2023, melalui rangkaian kegiatan manuver lapangan dan upacara penutupan latihan yang di laksanakan di Ksatrian Pondok Dayung Jakarta Utara. Kegiatan latihan yang ditutup langsung oleh Wakil Komandan Kopebba Kolonel Laut (T) Sugeng Priyono SE ini dihadiri juga oleh seluruh pejabat latihan dan Kasatker Koarmada RI.

Dengan dilaksanakannya latihan ini, diharapkan dapat tercipta pola pikir dan pola tindak sesuai aturan dan doktrin dalam melaksanakan mekanisme pengambilan keputusan dalam rangka OMSP, terpeliharanya kemampuan personel satuan Koarmada RI dalam melaksanakan tugas pencarian dan penyelamatan/SAR di laut, terbinanya kesiapan operasional unsur-unsur Koarmada RI dalam melaksanakan tugas pencarian dan penyelamatan SAR di laut, terciptanya kerjasama yang baik dengan instansi terkait dalam melaksanakan tugas pencarian dan penyelamatan/SAR di laut serta tercapainya pola pikir dan pola tindak yang sama antar unsur SAR pada operasi pencarian dan penyelamatan/ SAR di laut. 

Kegiatan manuver lapangan dalam latihan SAR ini meliputi beberapa materi yang di praktek kan antara lain: Evakuasi korban terapung-apung ke KRI, evakuasi korban meninggal terapung, evakuasi korban tenggelam, evakuasi medis udara dengan helly, evakuasi korban dengan KAL ke darat, evakuasi korban dari darat ke Rumah sakit dan pencarian korban tenggelam serta pencarian barang berharga/dokumen yang tenggelam dengan penyelaman dari Tim Dislambair yang dipimpin langsung oleh Letkol laut(P) M. Arifin.

Keseluruhan rangkaian kegiatan Latihan yang diikuti oleh 385 personel Prajurit Koarmada RI dari beberapa satuan antara lain Koppeba, Satuan Marinir, Satuan Udara, Koarmada I dan Lantamal III, yang juga melibatkan beberapa Alutsista, seperti KRI, KAL, Patkamla, Sea rider perahu karet, Helly dan kendaran bermotor pendukung latihan ini secara umum dapat berjalan aman dan lancar tanpa kendala dan hambatan yang berarti.

Hadir pada upacara penutupan latihan ini, Dansatmar Koarmada RI Kolonel Marinir Budi Setyoko,  Dansatud Koarmada RI Kolonel Laut (P) Batos Leksono, para Dir Koppeba, intruktur, pelatih, tim Basarnas dari Kansar DKI dan Tim Polair Polda DKI. 

Demikian berita Dispen Koarmada RI.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama