Pejabat Kolinlamil Ikuti Rakerniswas Tahun 2023



Pejabat Kolinlamil Ikuti  Rakerniswas Tahun 2023

Berita Kolinlamil TNI AL,

Anekafakta.com,Jakarta

Rakerniswas tahun 2023 berperan penting guna menunjang keberhasilan bidang pengawasan serta bertujuan memantapkan koordinasi, integritas dan profesionalisme personel Inspektorat TNI Angkatan Laut. Terkait dalam hal ini, Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kas Kolinlamil) Laksamana Pertama TNI Mochammad Riza, S.E., M.Tr.Opsla., CRMP dan Inspektur Komando Lintas Laut Militer Laksma TNI Damayanti mengikuti Rapat Kerja Teknis Pengawasan (Rakerniswas) TNI Angkatan Laut Tahun 2023 yang diadakan secara terpusat di Gedung Auditorium Denma Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (15/12).

Dalam kegiatan yang diikuti baik secara langsung maupun secara virtual oleh para peserta jajaran Inspektorat seluruh Indonesia tersebut, dibuka secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla dalam hal ini diwakili Inspektur Jenderal Angkatan Laut (Irjenal) Laksamana Muda TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP., CFrA mengangkat tema "Penguatan Peran dan Fungsi APIP Sebagai Early Warning System dan Quality Assurance Dalam Rangka Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Efektif dan Efisien di Lingkungan TNI Angkatan Laut" turut dihadiri Pejabat Utama Mabesal, Pimpinan Kotama dan Ir Kotama TNI Angkatan Laut serta Deputi Kepala BPKP Bidang PIP Polhukam PMK Bapak Iwan Taufiq Purwanto, S.E., M.B.A., QIA., CRMA., CGCAE.

Dalam amanat Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang dibacakan oleh Irjenal Laksamana Muda TNI Rubiyanto mengatakan bahwa "Rakerniswas Inspektorat TNI Angkatan Laut tahun 2023 merupakan tindak lanjut Rakorwas Inspektorat TNI dan Kemhan. Dengan maksud untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja pengawasan tahun 2023. Selain itu Rakerniswas juga menjadi wahana pembinaan dan peningkatan peran Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) guna mewujudkan pelaksanaan pengawasan yang berkualitas, transparan dan akuntabel." ungkap Irjenal.

Adapun yang menjadi penekanan Kasal dalam Rakerniswas tahun 2023 adalah pertama yaitu manfaatkan Rakerniswas ini secara maksimal dalam mengeksplorasi segala informasi, pencapaian dan permasalahan serta peluang-peluang fungsi pengawasan yang telah dilaksanakan untuk dibahas sebagai Lesson Learn sehingga dapat memberi manfaat guna menghasilkan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Kedua, temuan-temuan menonjol di tahun 2023 agar menjadi bahan evaluasi bersama khususnya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sejak tahun 2012 hingga 2023 yang belum ditindaklanjuti sesuai rekomendasi. Ketiga, manfaatkan forum ini sebagai wahana untuk sosialisasi saling bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang ketentuan, sehingga aparat pengawas dapat menjadi pengawal program kerja dan kegiatan di seluruh jajaran mulai tahap perencanaan pelaksanaan hingga evaluasi. Keempat Laksanakan langkah-langkah pengawasan yang efektif dalam mengawal pelaksanaan program pemerintah dalam penggunaan produksi dalam negeri dan optimalkan pelaksanaan pengawasan dalam rangka upaya mempertahankan opini BPK RI "Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Kelima Laksanakan pengawasan secara independent dan objektif sehingga diharapkan tidak terjadi temuan berulang baik dari auditor internal maupun eksternal.(Dispen Kolinlamil).


#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama