Pangkoarmada RI Hadiri Sertijab Danpushidrosal dan Pangkolinlamil


Pangkoarmada RI Hadiri Sertijab Danpushidrosal dan Pangkolinlamil

TNI Angkatan Laut, Koarmada RI, 

Anekafakta.com,Jakarta 

Panglima Komando Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksdya TNI Heru Kusmanto didampingi Ketua PG Jalasenastri Armada RI Ny. Yayuk Heru Kusmanto menghadiri upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) dan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil), yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, bertempat di Markas Komando Kolinlamil di Tanjung Priok, Jakarta, Senin 20 November 2023.

Pada kesempatan tersebut, jabatan Danpushidrosal diserahterimakan dari Laksdya TNI Nurhidayat kepada Laksda TNI Budi Purwanto. Sedangkan jabatan Pangkolinlamil diserahterimakan dari Laksda TNI Edwin kepada Laksma TNI Hudiarto Krisno Utomo.

Selesai pelaksanaan upacara sertijab, Kasal dalam sambutannya mengatakan bahwa Pushidrosal maupun Kolinlamil telah banyak berkiprah dan memajukan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut. Untuk Pushidrosal saat ini sudah menjadi anggota International Hydrographic Organization (IHO) dan termasuk yang dipandang di kawasan Asia-Pasifik maupun Asia Selatan, kemudian untuk Kolinlamil sendiri sudah banyak kegiatan terlaksana, yaitu melaksanakan tugas-tugas pergeseran pasukan di seluruh Indonesia. Diharapkan, kepada para pejabat baru dapat meningkatkan kinerja dan mencetak prestasi untuk kemajuan organisasi TNI AL, TNI, nasional dan di tingkat dunia.

"Untuk Pushidrosal sendiri, tugas-tugas atau yang belum dilaksanakan atau pekerjaan rumah, saya rasa hampir semua sudah dilaksanakan, kerja sama dengan berbagai negara di kawasan maupun di berbagai negara di Eropa. Komandan Pushidrosal juga sering mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat internasional," kata Kasal.

Ditambahkan, kerja-kerja utama Pushidrosal, yaitu pemetaan dasar laut tetap terus berjalan. TNI Angkatan Laut juga berencana memperkuat Alutsista Pushidrosal, baik dengan penambahan kapal survei baru atau bekerja sama mengawaki kapal survei yang dibeli oleh BRIN. "Untuk Kolinlamil, juga akan ditambah alutsistanya. Jadi tahun ke tahun tentunya akan terus ditambah untuk alutsista guna memperkuat jajaran Angkatan Laut, baik itu Kolinlamil maupun Pushidrosal," kata Kasal.

Pergantian pimpinan Pushidrosal dan Kolinlamil merujuk pada Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 pada 9 November 2023. Dalam SK itu, Laksdya TNI Nurhidayat kembali ke Markas Besar TNI AL dalam rangka pensiun. Sedangkan, Laksdya TNI Edwin resmi menjabat Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal menggantikan Laksda TNI Iwan Isnurwanto, yang juga kembali ke Mabes TNI AL dalam rangka pensiun.

Demikian berita Dispen Koarmada RI.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama