Selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023, Aktivis KAKI: Santri Penerus Ulama Pelopor Kebaikan

Selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023, Aktivis KAKI: Santri Penerus Ulama Pelopor Kebaikan 


Anekafakta.com,BANGKALAN - 

Diketahui Setiap 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan Hari Santri Nasional muncul sejak Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015.

Peringatan Hari SANTRI merujuk pada seruan gerakan Resolusi Jihad KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Gerakan ini merupakan wujud semangat para ulama dan santri serta seluruh Muslim untuk membela tanah air dan mempertahankan NKRI.

Santri merupakan sebutan bagi para pelajar yang mendalami ilmu pendidikan agama Islam dan secara khusus memajukan kehidupan berbangsa serta bernegara bagi masyarakat Indonesia.

Sehingga dapat diartikan santri adalah seseorang yang belajar ilmu agama di pesantren. Santri (سنتري) gabungan dari huruf bahasa arab yaitu Sin, Nun, Ta, Ra dan Ya yang memiliki arti di setiap hurufnya dan Seorang santri harus menjadi pelopor kebaikan di manapun berada.

Moh Hosen Aktivis KAKI Jawa Timur mengucapkan, Selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023, Santri Merupakan generasi Ulama tanpa Santri sulit tercipta seorang Kiai. Seperti halnya ulama ulama besar di Indonesia Pastinya pernah nyantri Mengenyam dan menimba ilmu pengetahuan di pondok Pesantren," Katanya, Ahad (22/10/2023).

Saya sendiri SANTRI Alumni Pondok Pesantren Nurul Amanah Bangkalan Madura Jawa Timur Indonesia, di pondok pesantren kami belajar berbagai ilmu pengetahuan sebagaimana Ulama katakan bahwa pondok pesantren adalah lautan ilmu.

Pengalaman Nyantri di pondok pesantren sangat luar biasa karena  berbagai macam orang dari segala penjuru menimba ilmu didalamnya bahkan di Pondok Pesantren Nurul Amanah terdapat SANTRI berasal dari Luar Negeri SINGAPORE.

Berbagai penafsiran Kalimat SANTRI (سنتري) dijabarkan dengan 5 Huruf diantaranya yaitu: 
(1)•  SIN: Sathirul 'Anil Uyub dalam artian Santri Merupakan orang yang pandai menutupi kekurangan atau aib orang lain.

(2)• NUN: Naibu Anil Ulama, dalam artian Santri ada Pengganti para ulama sebagai generasi penerus.

(3)• TA: Tabi'u bisunnati Rasulillah, dalam artian Santri adalah orang yang mengikuti Sunnah Rasul, menjalankan Perintahnya dan menjauhi  larangan-nya.

(4)• RA: Roghibu Bisunnati Rasulillah, dalam artian Santri Merupakan orang yang cinta akan sunnah Rasulullah

(5)• YA: Ya'muru bil Ma'ruf Wa Yan Ha Anil Fakhsya' Wal Munkar, dalam artian memerintahkan kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran dan kekejian.

Selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023, Santri juga punya peran dalam kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. Sekali Merdeka tetap Merdeka, Salam SAKTI ( Satu Kata Satu Hati).

Penulis: Alfaqir Ilallah

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama