Pangkoarmada RI Hadiri Delivery "Special Mission Combat Boat"

Pangkoarmada RI Hadiri Delivery  "Special Mission Combat Boat"

TNI Angkatan Laut, Koarmada RI, 

Anekafakta.com,Jakarta 

Panglima Komando Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksdya TNI Heru Kusmanto menghadiri acara delivery ceremony "Special Mission Combat Boat", yang peresmiannya dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, bertempat di Jet Ski Cafe, Jakarta Utara. Rabu 25 Oktober 2023.

Dalam kesempatan ini, Wakasal dalam sambutannya mengatakan bahwa TNI Angkatan Laut kembali akan diperkuat oleh Alutsista karya anak bangsa, yaitu dua unit Special Mission Combat Boat, karya P.T. Tesco Indomaritim.

Pengadaan dua unit Special Misssion Combat Boat ini, merupakan salah satu implementasi dari komitmen TNI Angkatan Laut dalam mendukung Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). "Hal ini juga akan mendorong pertumbuhan industri pertahanan dalam negeri, meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan membantu meningkatkan devisa negara karena mengurangi impor barang dan jasa," tegas Wakasal.

Special Mission Commbat Boat yang akan di distribusikan ke Lantamal XI Merauke di bawah jajaran Koarmada II ini,  memiliki fungsi asasi untuk melaksanakan pengejaran, penangkapan dan penyelidikan seperti operasi keamanan laut, peperangan khusus anti teror aspek laut dan kegiatan infiltrasi melalui laut serta melaksanakan Search and Rescue (SAR). Dalam pengoperasian, Special Mission Combat Boat juga dapat bermanuver berbelok dengan tiba-tiba dan bermanuver zig-zag, untuk melaksanakan patroli dan pengejaran kapal-kapal pelaku tindak illegal.

Sementara itu, dalam berbagai kesempatan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal)
Laksamana TNI Muhammad Ali juga telah menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk terus meningkatkan produksi dan penggunaan produk dalam negeri, yang bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam menjadikan Indonesia yang mandiri serta mewujudkan TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh.

Spesifikasi Special Mission Commbat Boat adalah sebagai berikut, sistem navigasi Radar Furuno type 1835, Magnetic Compas Voyager dan Echo Sounder Furuno type FCV-688. Boat ini juga dilengkapi satu senjata 12,7 mm dan dua senjata 7,62 mm. Untuk ukuran panjang boat adalah 18,30 meter dan lebar 4,2 meter, dengan kecepatan maksimal 35 knot, kecepatan jelajah 30 knot dan kecepatan ekonomis 15 knot, kapasitas fuel tank 3.600 Liter, kapasitas fress water tank 300 liter, dan dilengkapi akomodasi untuk 7 crew dengan akomodasi untuk 14 pasukan.

Demikian berita Dispen Koarmada RI.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama