Korem 031/WB Memperingati Hari Kesaktian Pancasila



Korem 031/WB Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Anekafakta.com,Pekanbaru, 

Komandan Komando Resort Militer (KOREM) 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P., M.Han. diperingati tiap tanggal 1 Oktober. Tahun ini, peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 bertepatan dengan Minggu, 1 Oktober 2023.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur akibat kekejaman Partai Komunis Indonesia dalam peristiwa G30S/PKI.

Tema Hari Kesaktian Pancasila 2023 Berdasarkan surat Kemendikbud Nomor: 31328/MPK.F/TU.02.03/2023, tema Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah *"Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju"*.

Tema tersebut berbeda dengan yang diusung pada 2022. Di tahun sebelumnya, tema upacara Hari Kesaktian Pancasila 2022 adalah "Bangkit Bergerak bersama Pancasila". Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur untuk mempertahankan Pancasila dan mengenang kembali pengorbanan para pahlawan revolusi, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dan bahaya laten komunis.

Selain itu, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wahana untuk menanamkan keyakinan kepada seluruh warga bangsa Indonesia bahwa Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan dasar Negara Republik Indonesia yang tidak boleh diubah oleh siapapun

Dalam upacara tersebut, juga dilakukan pembacaan teks pembukaan UUD 1945 dan pembacaan ikrar oleh seorang perwira menengah serta pembacaan doa untuk para pahlawan dan juga untuk seluruh bangsa Indonesia.(Pen031)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama