Kapolres Kutai Kartanegara Hadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023


Kapolres Kutai Kartanegara Hadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023

Anekafakta.com,Kukar

Bertempat di Halaman Kantor Bupati Jl. Wolter Monginsidi Kel.Timbau Kec.Tenggarong, Kab. Kukar telah dilaksanakan Upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023, Minggu (22/10).

Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Hari Rosena bersama dengan H.Rendi Solihin Wakil Bupati, Letkol Inf Jeffry Satria, Dandim 0906 Kukar, Abdul Rasyid Ketua DPRD Kukar, Abdullah Mahrus Kepala Pengadilan Negri Tenggarong dan Tommy Kristianto Kajari Tenggarong turut menghadiri uparaca dengan tema "Jihad Santri Jayakan Negeri".

Sebagai pembina pada upacwra tersebut, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menyampaikan Bahwa Peringatan Hari Santri Nasional untuk mengenang dan meneladani semangat jihad para santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

"Setiap tanggal 22 0ktober di sahkan sebagai hari santri merujuk pada satu peristiwa bersejarah yaitu seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH. Hasjim Asy'ari pada 22 Oktober 1945, seruan memerintahkan umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan," ujarnya. 

Sambungnya, Hari Santri Nasional bukanlah milik santri semata, tetapi milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air dan mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. 

"Saya berpesan agar para santri selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan martabat kemanusiaan sebagai bagian dari nilai agama," tuturnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama