Di Darah Anies Rasyid Baswedan mengalir Darah Padjajaran


Di Darah Anies Rasyid Baswedan mengalir Darah Padjajaran

Oleh Muhamad Solehudin, Ketua THINKER CLUB

Saudara saya dari Sumedang memberitahu bahwa Anies Rasyid Baswedan yang sekarang menjadi Capres berpasangan dengan Gus Imin masih keturunan Padjadjaran. 

Menurut keterangan saudara saya, Anies Rasyid Baswedan kakek buyutnya bernama Syekh Maulana Akbar. Beliau merupakan adiknya Syekh Datuk Kahfi Cirebon.

Beliaupun memberikan penjelasan tambahan bahwa Kakeknya Anies merupakan Tokoh pergerakan yang menolak keekslusifian organisasi Rabithah Alawiyah. 

Hal ini bisa dipahami, sebab beliau merupakan Tokoh Pergerakan kemerdekaan yang sudah melebur jiwa raganya bersama Tokoh pergerakan bangsa lainnya seperti Bung Karno, Bung Hatta, KH Agus Salim, Moh Natsir dan lainya untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia Merdeka.

Maka, ketika Proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 dibacakan oleh Soekarno Hatta atas nama Bangsa Indonesia, kakek beliau yang bernama Abdurrahman Baswedan seorang pergerakan yang fokus di jurnalis dan diplomat dengan sigap menyiarkan proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia ini ke negara-negara Arab.

Dalam catatan kita, Palestina merupakan negara Arab yang paling pertama mengakui dan mendukung Kemerdekaan RI. Disusul kemudian Mesir dst. Dalam catatan kita juga, yang agak aneh adalah Turki negara yang mayoritas Muslim tapi paling akhir mengakui dan mendukung kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Menurut penulis, informasi tentang silsilah nasab Anies Rasyid Baswedan sebagai Calon Presiden RI penting untuk kita ketahui. Agar kita tahu apa adanya secara terang benderang. Sehingga bisa menjadi rujukan buat rakyat untuk melihat dengan jernih siapa kandidat Presiden dan Wakil Presiden RI yang pantas menurut ukuran kita yang harus kita coblos.

Sebagai urang Sunda kita bangga kepada Anies Rasyid Baswedan. Karena Anies Rasyid Baswedan yang membawa Air dan Tanah untuk disatukan di IKN diambil dari pusat Mata Air Kuningan (Hulu Cai Kuningan) ketika prosesi awal pembangunan IKN akan dimulai.

Dari sini menurut hemat penulis, sangat penting kita mengenal dan mengetahui silsilah nasab setiap Capres dan Cawapres yang ikut Kontestasi pilpres tahun 2024. Agar kita tidak membeli kucing dalam karung.

Mari kita berdoa semoga Dulur kita Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar dipercaya dan dipilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI. Amin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama