Komandan Koopskasel Pimpin SAER SMEE Antara TNI AL dan Angkatan Laut Australia



Komandan Koopskasel Pimpin SAER SMEE Antara TNI AL dan Angkatan Laut Australia


Anekafakta.com,Surabaya

Komandan Operasi Komando Operasi Kapal Selam Koarmada Republik Indonesia (Dankoopskasel Koarmada RI) Laksma TNI Indra Agus Wijaya, S.H., memimpin kegiatan Submarine Abandonement, Escape and Rescue (SAER) Subject Matter Expert Exchange (SMEE), yang diselenggarakan antara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Australia, bertempat di hotel Bumi Surabaya dan Monumen Nanggala Koarmada II, serta berlangsung selama lima hari, yaitu dari hari Senin tanggal 11 September s.d. hari Jumat tanggal 15 September 2023.


Kegiatan SMEE SAER bertujuan untuk saling meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bersama antara TNI AL dan Angkatan Laut Australia tentang kemampuan penyelamatan kapal selam. Selain itu, untuk memberikan pemahaman yang baik bagi negara Indonesia dan Australia, apabila di masa mendatang terjadi kedaruratan kapal selam, sehingga kedua negara tersebut dapat bekerjasama dengan lebih baik dan responsif. Selama ini, antara Indonesia dan Australia telah menjalin kerjasama yang cukup panjang di bidang pertahanan dan kemaritiman.


Pada kegiatan tersebut dilaksanakan presentasi paparan oleh PO Justin Cargin (SAER Instructor) tentang peralatan yang terdapat di Box alat keselamatan Kapal Selam Collins Class, SITREP Message yang dilaksanakan oleh Senior Survivor saat kedaruratan, Komunikasi yang dilaksanakan saat SUBSUNK, Penggunaan baju penyelamatan MK11, dilanjutkan presentasi oleh LCDR Derek Robinson (Deputy SMER Manager) tentang SAER Command and Senior Survivor Guide yang menjelaskan tentang pengambilan keputusan dalam melaksanakan Escape atau menunggu Rescue, Kalkulasi TTFI dan TTFR, faktor medis dan faktor spiritual, serta peralatan yang dibawa di Kapal penyelamat, yang diakhiri dengan diskusi tentang outcomes kegiatan SMEE SAER 2023, disamping itu, juga dilaksanakan kunjungan dan penghormatan ke Monumen Nanggala.


Sementara itu pada kegiatan tersebut, tim Angkatan Laut Australia dihadiri oleh Deputy Submarine Escape and Rescue Manager LCDR Derek John Robinson beserta empat personel staf, sedangkan untuk pendamping dari TNI Angkatan Laut diwakili oleh Wadan Koopskasel Kolonel Laut (P) Widya Poerwandanu beserta sebelas Perwira dan satu Bintara staf Koopskasel.


Demikian Dispen Koarmada RI.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama