Junjung Tinggi Hak Asasi Manusia Dalam Pelaksanaan Tugas, Prajurit Kolinlamil Terima Pembekalan Hukum Humaniter




Junjung Tinggi Hak Asasi Manusia Dalam Pelaksanaan Tugas, Prajurit Kolinlamil Terima Pembekalan Hukum Humaniter 


Berita Kolinlamil TNI AL,

Anekafakta.com,Jakarta

Komando Lintas Laut Militer menggelar Latihan Fungsional Hukum Triwulan III tahun 2023 yang digelar oleh Dinas Hukum Komando Lintas Laut Militer yang berlangsung di gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (13/9). Latihan fungsi hukum ini diawali dengan laporan kesiapan dari Kepala Dinas Hukum Kolinlamil Letkol Laut (H) Eko Priyanto yang selanjutnya dilaksanakan pembukaan latihan oleh Asisten Operasi Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Ronald Rarun. Latihan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut akan diisi dengan pemateri dari Delegasi International Committee of the Red Cross (ICRC).

ICRC atau Komite Internasional Palang Merah merupakan organisasi netral dan mandiri yang bertujuan untuk menjamin perlindungan dan bantuan kemanusiaan bagi korban bersenjata dan situasi kekerasan lainnya. Materi yang disampaikan Delegasi ICRC kepada personel Kolinlamil adalah tentang Prinsip Dasar Hukum Humaniter Internasional dan HAM, Perlindungan Warga Sipil dan Objek Vital serta Perlindungan terhadap Tawanan Perang.

Asops Pangkolinlamil dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu wujud pembinaan personel di lingkungan TNI Angkatan Laut adalah pemberian materi hukum tentang Hukum Humaniter Internasional dan Hak Asasi manusia bagi prajurit TNI AL khususnya Kolinlamil. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana bagi para peserta untuk meningkatkan kemampuan, profesionalisme prajurit Kolinlamil dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai matra laut, agar mampu menghadapi setiap tantangan tugas dan permasalahan yang dihadapi.

"Sesuai arahan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H. agar para peserta latihan dapat memanfaatkan moment ini untuk memperoleh pengetahuan yang lebih dan juga laksanakan latihan ini dengan penuh semangat agar dapat memahami tentang Hukum Humaniter Internasional dan Hak Asasi Manusia sehingga dapat meningkatkan kemampuan serta profesionalisme prajurit Kolinlamil seperti apa yang ditekankan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr Opsla agar para prajurit TNI AL selalu tingkatkan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis." ujar Asops Pangkolinlamil. 


(Dispen Kolinlamil)


#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama